Honda Jazz (GE8) : Entertaining For Everyone

Honda Jazz (GE8) : Entertaining For Everyone

Bekasi, BosMobil.com – Honda Jazz milik Rhaditya Sembiring ini dijuluki ‘Chipmunks’, yang memang diambil dari film berjudul Alvin and the Chipmunks. Salah satu ciri khasnya adalah menghibur, dan hal ini yang diterapkan Rhadit pada mobilnya.

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-02

Honda Jazz GE8 racikan PKM Racing ini tidak memandang mobil jika sedang adu kecepatan di salah satu lokasi daerah Jakarta, dan menghibur orang-orang yang hadir saat itu. “Semua mobil lawan aja bang, mulai dari jaman NA sampai sekarang udah turbo,” bilang Rhadit.

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-03

Kalah atau menang sudah menjadi santapan Rhadit dengan Honda Jazz-nya. “Pas masih NA, dulu pernah lawan Estilo pakai mesin K-Series. Bahkan pernah juga mau lawan Nissan Fairlady, tapi gak jadi. Tapi akhir-akhir ini lagi jarang bang,” jelasnya.

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-04

Agar terus bisa menghibur, Rhadit mengoprek mesin Jazz-nya, yang sudah dijejali turbo. “Kalau gua lihat, NA susah untuk mengejar mobil turbo. Makanya mobil gue kasih turbo,” jujurnya. Supaya kuat menahan boost dari turbo, terlebih dahulu internal mesin L15A-nya diganti, seperti piston CP dan setang piston BC, dan kompresi diturunkan di sekitar angka 9.

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-05

Untuk pilihan turbo-nya pun jatuh pada Kinugawa TD05. Tidak lupa debit bahan bakar dibuat banyak melalui extra injector. ECU standar Honda Jazz di-adjust pakai Dastek Unichip. Dan pada akhirnya, Jazz Chipmunks memiliki tenaga 305 HP saat boost dari turbo pada angka 1 bar.

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-06

Tenaga tersebut dikoneksi ke transmisi bawaan Honda Jazz, dan selanjutnya ke roda berukuran 15 inci. Seluruh bagian bodi masih terpasang, dan hanya kap mesin berbahan karbon untuk meringankan bobot. Interior juga hanya jok belakang yang dilepas, sisanya masih terpasang selayaknya mobil.

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-07

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-08

Best time yang diraih Jazz Chipmunks adalah 13,8 detik di Sentul D2 Drag Race. “Yang kecatet itu 13,9 detik bang,” jelasnya. Kemudian best time untuk 201 meter adalah 9,2 detik saat mengikuti event lokal di Semarang beberapa bulan lalu.

Honda-Jazz-Rhadit-PKM-nov2015-09

Asyiknya, Jazz-nya tetap dibawa sehari-hari, dan tidak perlu diderek untuk ikut balap di Sentul maupun di daerah. “Target sebenarnya mau kecilin di 13 detik, syukur-syukur bisa masuk ke 12 detik bang. Masih banyak yang bisa dimaksimalin, seperti intercooler, piping, camshaft,” tutup Rhadit.

Rhadit’s Jazz Chipmunks :
CP Pistons, BC Connecting Rods, ARP Head Stud, Kinugawa TD05 Turbo, Zage Intercooler, GReddy BOV, Custom Piping, RR Performance Extra Injector, Custom Intake Manifold, HKS Open Air Filter, Custom Exhaust System, Dastek Unichip Piggyback, Dastek Turbo Module, D’One Spec Oil Cooler, Carbonetics LSD, Custom Clutch, SSR Wheels, Toyo R888 Tires (front), Achiles 123 Tires (rear), Custom Suspension Springs, Devi Boost Gauge, HKS Turbo Timer, Pivot Throttle Controller.

Tuned by : PKM Racing (Pondok Kopi Motor).

KOMENTAR