Honda HR-V SQ : Sound Of The Sea

Honda HR-V SQ : Sound Of The Sea

Jakarta, Bosmobil.com – Mengagumkan, itulah kesan ketika melihat ubahan yang terjadi pada mobil Honda HR-V yang diracik menjadi konsep SQ (Sound Quality), pasalnya dengan sistem yang bersemayam didalamnya berhasil meraup empat piala juara satu sekaligus pada gelaran mSF Tangerang 2015.

Mengusung konsep “sound of the sea” diaplikasikan dengan cosmetik yang ditata apik didalamnya serta alunan suara yang memukau.”idenya berasal dari mata kertas Republik Indonesia pecahan Rp.100 dengan gambar satu sisinya berupa kapal Phinisi Nusantara dan sisi sebaliknya adalah Gunung Krakatau, hal itu diwujudkan dengan gambar cosmetik dan dudukan subwoofer serta power amplifier menyerupai tebing dan gunung Krakatau.”, tukas Dany Susanto selaku pemilik mobil.

8

Nah, kunci dari prestasi yang diraih adalah kerja keras Johny dari Mega Audio yang menata sistem didalamnya menjadi suara yang ciamik baik untuk harian maupun kompetisi bertajuk SQ.”tantangannya adalah bagaimana mencermati posisi driver di atas dashboard agar bisa maksimal tetapi tidak menghalangi blind spot pengemudi. Selain itu, seluruh body mobil terutama pintu dibuat kokoh agar semburan suara bisa proporsional.”, buka Johny.

12

Honda HR-Vdiperuntukkan untuk istri tercinta, sehingga harus mampu mengakomodir segala jenis musik.”untuk jenis musik yang sering didengar pemilik mobil lebih ke arah audiophile tetapi bisa mengakomodir lagu yang nge-beat. Sementara, untuk kompetisi saya menggunakan satu memori yang sama untuk EASCA maupun EMMA, jika setting tepat, semua rules bisa ditaklukkan.”, ujar pria bersahaja ini.

Minim Gangguan Suara
Langkah awal adalah membubuhi peredam di bagian yang dapat menimbulkan noise maupun bising sehingga suara bisa senyap, hal ini akan membuat nyaman ketika pemilik mobil menikmati hiburan dibangku kemudi.” Saya lumuri seluruh body mobil dengan jumlah yang beragam yaitu sektor lantai, pintu, plafon hingga kap mesin.”, imbuh Johny.

Maksimalkan Source Multimedia
Dalam mendongkrak otak dalam sistem suara, installer menyematkan Alpine IVA-W520E serta dikombinasikan dengan prosessor eksternal Alpine PXA H-701, sehingga suara menjadi mumpuni dan sajian panggung yang tertata apik.” Saya optimalkan fitur time delay, crossover dan equalizer untuk meyajikan suara yang proporsional baik porsi panggung yang ideal serta akurasi suara yang tepat di semua lini frekuensi.”, ujar Johny.

11

5

Ekplorasi Angle Driver
Menyaikan suara, penempatan speaker berpengaruh dari hasil suaranya, hal itu disiasati dengan mengarahkan tweeter secara on-axis, sedangkan midrange dibuat off-axis dengan menghadap agak keatas, hal ini punya tujuan khusus.”saya lakukan arah midrange agak ke atas agar suara bisa fokus dan naik di atas dashboard mobil.”, kenang Johny.

10

Lalu, penyematan midbaas dibuat rigid dengan melakukan beberapa sentuhan di panel pintu depan.” saya buat buffle dari ring alumunium agar solid dan rigid dudukannya, hal ini berpengaruh pada hasil suara bass yang dalam dan bersih.”, jelas Johny.

9
Melenceng Recomendasi Pabrikan
Kreasi installer dalam meracik subwoofer bisa diacungi jempol, pasalnya subwoofer Scanspeak 23 W direkomendasikan utnuk menggunakan boks port dari pabrikan, namun di mobil Honda HR-V installer meracik dengan sealed boks.” Saya buat ini agar suara bass lebih terkontrol, namun memang beberapa kali membuat percobaan mencari volume boks yang tepat.”, tukas Johny.

7

Sokong Dengan Dua Power
Sementara, tenaga disuplay dengan menyematkan dua unit power empat channel dengan pembagian tiap driver mendapat jatah satu channel.”namun untuk satu unit subwoofer saya buat dua channel di bridge.”, kata Johny.

6

Sedangkan kelistrikan hanya mengandalkan Batcap untuk membantu kinerja aki.”saya gunakan aki standard mobil dan menambahkan batcap sebagai penyokong tenaga ke power amplifier, sehingga kelistrikan tetap terjaga dan stabil.”, tutupnya.

4

Spesifikasi : head unit : Alpine IVA-W520E, prosessor eksternal: Alpine PXA H-701, speaker : Scanspeak R3004 (tweeter), Scanspeak 12M (midrange), Scanspeak Discovery 18W ( midbass),subwoofer:Scanspeak 23 W, power amplifier :ARC Audio KA 125.4 (2 pcs),kabel-kabel: Raam, peredam : StP, capasitor bank: BatcapX400. Powered by Mega Audio, Jakarta

KOMENTAR