Honda Civic Type R Tidak Akan Ada Transmisi Automatic

Honda Civic Type R Tidak Akan Ada Transmisi Automatic

Honda Civic Type R generasi ke-5 sudah resmi diluncurkan. Mobil berbasis Honda Civic generasi ke-10 ini dihadirkan hanya menggunakan transmisi manual. Disaat banyak media yang menanyakannya, justru Honda menegaskan tidak akan transmisi automatic untuk mobil tersebut.

Hal ini diutarakan oleh Yuji Matsumochi selaku project leader Honda Civic generasi ke-10. Dirinya manyatakan memang mempertimbangkan transmisi automatic ataupun seperti DSG dari VW. “Kami hanya menyediakan transmisi manual 6-speed untuk Honda Civic Type R, karena tenaga yang dimiliki cukup besar,” katanya seperti dikutip dari carscoops.

Honda Civic Type R FK8 dibekali mesin 4 silinder 2.0L VTEC turbo yang memiliki tenaga sekitar 310 PS dan torsi 400 Nm. Meskipun demikian, namun pihak Honda memiliki alasan yang cukup kuat mengapa tidak disediakan transmisi automatic.

“Honda Civic Type R membutuhkan bobot transmisi yang ringan, karena front-wheel drive. Dan juga bobot mesin sedikit lebih berat. Jika kami menyematkan transmisi automatic atau dual-clutch, untuk mesin 400 Nm, akan menjadi lebih berat bobot transmisinya, yang mana bobot bagian depan jadi lebih berat,” jelasnya.

Ford Focus RS maupun Volkswagen Golf R menjadi rival berat Honda Civic Type R. Kedua rivalnya tersebut memiliki pilihan transmisi manual dan dual-clutch, hingga adanya pilihan all-wheel drive. Namun catatan waktu di Nurburgring Nordschleife yaitu 7 menit 43,8 detik membuat Honda Civic Type R tidak bisa dipandang sebelah mata.

KOMENTAR