Honda Civic Type R Kembali Cetak Rekor Di Sirkuit Nurburgring

Honda Civic Type R Kembali Cetak Rekor Di Sirkuit Nurburgring

Honda Civic Type R kembali memecahkan rekor tercepat untuk kategori mobil Front-Wheel Drive (penggerak roda depan) di kelas hot hatch yang pernah dilakukan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman. Dengan waktu 07 menit 43,80 detik, Honda Civic Type R generasi ke-5 ini mencatat waktu lebih cepat 3 (tiga) detik dibandingkan pemegang rekor sebelumnya.

Pengujian yang dilakukan Honda tersebut menggunakan mobil standar yang sesuai spesifikasi pada versi mobil produksi massal, dengan beberapa modifikasi sesuai standar keselamatan balap. Sirkuit Nurburgring Nordschleife mempunyai panjang 20.8 kilometer yang merupakan sirkuit balap terpanjang dan paling menantang di dunia yang masih aktif digunakan sejak tahun 1927 hingga sekarang.

“Honda Civic Type R FK8 bobotnya lebih ringan 16 kg dibandingkan sebelumnya, sehingga pengendalian lebih responsive serta memberikan stabilitas ketika di tikungan. Multi-Link Rear Suspension juga memberikan stabilitas lebih baik saat pengereman, serta mengurangi body roll. Hal ini memungkinkan late braking saat memasuki tikungan, serta cornering speed yang lebih baik,” kata Ryuichi Kijima, Chassis Engineer All New Honda Civic Type R (FK8).

Honda Civic Type R FK8

Honda Civic Type R (FK8) tampil agresif dengan desain ekstrim terlihat mulai dari penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper, Sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders serta Sporty Alloy Wheel. Untuk sistem pengeremannya, Honda Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

Honda Civic Type R generasi ke-5 ini dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder segari yang bertenaga 320 PS dan torsi 400 Nm. Honda Civic Type R menggunakan transmisi manual 6-speed. Honda Civic Type R menampilkan fitur baru berupa tombol ‘+R’ yang memberikan sensasi berkendara ekstrim pada pengemudi.

Honda Civic Type R (FK8) akan mulai memasuki tahap produksi massal pada musim panas tahun 2017 ini di Pabrik Honda di Swindon, Inggris. Honda Civic Type R (FK8) nantinya akan mulai dijual terlebih dahulu di benua Eropa dan setelah itu diekspor ke berbagai kawasan lainnya seperti Amerika Serikat dan Asia termasuk Jepang.

Sumber : Honda Prospect Motor.

KOMENTAR