Honda Civic Type R (FD2R) : Love At First Impression

Honda Civic Type R (FD2R) : Love At First Impression

Jakarta, BosMobil.com – Tidak ada bosan-bosannya melakukan peliputan mobil milik Gregorius Haryanto, karena keunikannya. Pertama adalah Honda Civic (FD1) yang fokus pada sound system beraliran sound quality, kemudian Honda Jazz (GE8) dengan aksesoris yang sangat ‘rare’.

Kali ini adalah Honda Civic Type R (FD2R), yang merupakan cita-citanya sejak memiliki Civic FD1. “Pas tau info Civic Type R mulai dari power, akselerasi, terus suara mesinnya, kesan gua adalah ‘gila ini mobil keren banget’. Gue mikir pengen punya, tapi mustahil karena jarang di Indonesia. Andaikan ada yang jual, pasti harganya gila-gilaan,” ungkapnya.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-02

Dari om wiki, Honda Civic Type R hanya dipasarkan 13.000 unit di dunia ini. “Di Indonesia dihitung dengan jari. Tapi mungkin gue dapet rejeki dari Tuhan, ada yang jual Civic Type R kondisi mulus, dengan proses yang tidak sulit, tapi deg-degan juga hehehe,” jelas pria yang akrab dipanggil Toto ini.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-03

Berbicara modifikasi, Toto ingin konsep original look pada mobil yang diberi julukan 又力1號 olehnya. Lihat saja, meski seperti standar tapi sudah dijejalkan beberapa aksesoris Mugen yang khusus untuk Honda Civic Type R. “Dari awal memang gue suka Mugen, karena original look-nya itu,” bilang Toto.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-04

Di eksterior, disematkan grill Mugen diikuti add-on lip untuk bemper depan. “Grill beli di Taiwan, disana bisa order ke Mugen di Jepang langsung. Sekitar 2 bulan barang dateng, gue langsung ke Taiwan untuk bawa pulang,” jujurnya. Tampilan dikombinasikan dengan kap mesin berikut bagasi berbahan karbon, yang wing belakang tetap menggunakan bawaan Civic Type R.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-05

Suasana Mugen semakin kental lagi dengan menggunakan velg Mugen GP yang memiliki dimensi 18×7,5 inci, tentunya meningkatkan pengendalian juga. Untuk urusan pengereman, Toto tetap mengandalkan perangkat rem bawaan Civic Type R yang sudah berspesifikasi high performance dari Brembo.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-06

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-07

Masuk ke kabin, tidak dilakukan ubahan yang ekstrim karena konsep Toto adalah mempertahankan orisinil Honda Civic Type R. Jok semi bucket berukiran Type R, dengan suasana racing berwarna dominasi merah-hitam, dirasa sudah sangat cukup bagi Toto.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-08

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-09

Namanya mobil sport, Honda Civic Type R sudah dilengkapi mesin powerful, yaitu K20A dengan teknologi kebanggaannya i-VTEC. Dalam keadaan standar, tenaga yang dimuntahkan adalah kisaran 220 HP. Performa ditingkatkan kembali melalui pergantian exhaust system berikut intake-nya.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-10

Masih mengandalkan ECU bawaan, tenaga mesin Civic Type R-nya meningkat cukup signifikan saat dilakukan pengetesan diatas mesin dyno, yaitu 246,5 HP dengan torsi 225,1 Nm on crank. “Enak banget, apalagi pas i-VTEC aktif,” kesannya.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-11

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-12

Dengan keadaan sekarang, Toto sudah memiliki rencana untuk Honda Civic Type R-nya. “Mau ngelengkapi lagi aksesoris Mugen, misalnya rem atau suspensi. Talang air sudah ada tapi belum dipasang. Sama juga ECU Hondata sudah beli, tapi belum ada waktu untuk pasangnya,” tutupnya.

Honda-Civic-Type-R-Toto-mei2015-13

Toto’s Honda Civic Type R :
Mugen Grill, Mugen Add On Lip Spoiler, Mugen GP Wheels, Toyo T1R Tires, TEIN Super Street Coilover Suspension, Carbon Engine Hood, Carbon Trunk, Toda Exhaust Manifold, J’s Racing Titanium Center Pipe, J’s Racing 60RR Muffler, J’s Racing Air Intake Manifold.

KOMENTAR