Honda Civic Type R (EK9) : The Perfect One

Honda Civic Type R (EK9) : The Perfect One

Jika sudah berbicara hobi, tentunya akan melakukan apa saja untuk mencapai tujuan utamanya. Apalagi kalau orang tersebut berstatus Honda enthusiast. Contoh saja pria bernama Stefen Teo selaku pemilik Honda Civic Type R EK9 ini.

Honda Civic Type R EK9

Apa yang membuat spesial? Pertama, dari Honda Civic Type R itu sendiri. Mobil generasi pertama ini sangat jarang populasinya, apalagi berbicara di Indonesia. Produksinya pun hanya dari tahun 1997 hingga 2000. Namun secara tidak sengaja, Stefen menemukannya ‘CTR’ ini di suatu daerah di Indonesia.

Honda Civic Type R EK9

Spesial yang kedua adalah kondisinya, yang bisa dibilang sangat sempurna, setidaknya sudah kami buktikan sendiri saat peliputan. Dijelaskan jika pria asal Pekanbaru tersebut membelinya memang dengan kondisi cukup bagus dan orisinil.

Honda Civic Type R EK9

Mulai dari bodi yang cat putih khas Civic Type R, kaca, dan lainnya yang masih orisinil. Yesss, pria pemilik workshop Steve Garage di Pekanbaru ini memang seorang Honda enthusiast yang mungkin sudah tingkat tinggi. Makanya restorasi tetap dilakukan pada kaki-kaki yang karetnya sudah mulai getas termakan umur.

Honda Civic Type R EK9

Sedangkan untuk mempercantik tampilan, velg-nya diganti dengan bawaan Honda Integra Type R DC2. Sebenarnya velg bawaan Civic Type R juga sudah ciamik, namun alasannya adalah diameter hanya 15 inci, sedangkan untuk ‘ITR’ berdiameter 16 inci.

Honda Civic Type R EK9

Honda Civic Type R merupakan versi high performance dari keluarga Civic. Namun tidak hanya mesin saja yang dibuat berperforma tinggi, secara tampilan maupun interior dibuat ciri khas tersendiri, yaitu kabin yang berwarna merah pada jok dan karpetnya.

Honda Civic Type R EK9

Honda Civic Type R EK9

Saat didapatkannya, kondisi interior bisa dibilang cukup bagus, namun beberapa bagian harus diganti, mengingat umurnya. Contohnya jok yang sudah belelll, lingkar kemudi yang tipis akibat pemakaian, dan lainnya, namun Stefen menggantinya dengan orisinilnya Honda Civic Type R EK9 wew. Bahkan hingga bagian bagasi masih lengkap semuanya.

Honda Civic Type R EK9

Honda Civic Type R EK9

Sementara mesin masih bawaan Honda Civic Type R berkode B16B. Mesin 1.600 cc VTEC yang dirancang khusus oleh pabrikan Honda tersebut memiliki tenaga lebih dari 180 HP. Sebagian besar mengenal jika Stefen hobi berpartisipasi di balap drag race. Namun doi enggan memodifikasi mesin di CTR-nya ini mengingat kondisinya yang sempurnanya tersebut.

Honda Civic Type R EK9

Honda Civic Type R EK9

BOSMOBIL pun sempat dipersilahkan mencicipi Honda Civic Type R ini. Pertama duduk, seakan mobil ini memberikan kesan fun to drive (padahal belum dijalanin). Kami mencoba keliling sebentar di seputar lokasi peliputan, dan memang bisa dikatakan sempurna. Tidak ada bunyi-bunyi mistis ataupun getaran layaknya mobil tuwir.

Honda Civic Type R EK9

Dirasa Honda Civic Type R miliknya ini sudah sempurna, Stefen ingin melanjutkan proyeknya ke mobil lain. Kami tunggu hasilnya ya bos…

Honda Civic Type R EK9

KOMENTAR