Honda Civic (FD1) : FD1 on Masquerade

Honda Civic (FD1) : FD1 on Masquerade

venom-leaderboard


Fanatisme terhadap sebuah brand tertentu kerap menjadikan kita selalu mengikuti perkembangan dan tren yang sedang berlangsung. Deskripsi tersebut memang layak disandang oleh pria 32 tahun pemilik Honda Civic FD1 ini.

Adalah cowok bernama Andriawan Krida Asmara yang memiliki ketertarikan pada varian Honda. Menilik napak tilasnya bersama manufaktur asal Jepang ini, memang harus diakui bahwa Andri adalah sosok yang sudah lama menaruh fanatisme pada Honda, terutama varian sedannya.

Honda Civic FD1

Bagaimana tidak, 2 mobil kesayangannya sebelumnya pun berasal dari Honda dan konsep modifikasi yang diterapkannya pun beragam. “Dulu saya sempat punya Honda Civic Ferio dan Honda Civic VTi-S yang masing-masing punya konsep modifikasi dengan ciri khas sendiri. Tentu saja hasil akhir merupakan inspirasi dari berbagai sumber,” kenang Andri.

Honda Civic FD1

Uniknya ia bahkan sempat memasang supercharger kit milik Toyota MR2 AW11 pada Honda Civic Ferio-nya. “Kala itu masih jarang sekali yang melakukan ubahan serupa, makanya ketika mobil saya flat out di jalan, sontak orang-orang bingung dengar suara whining-nya,” imbuhnya.

Honda Civic FD1

Lain dulu lain sekarang, karena sudah dikaruniai momongan, hasrat ngebut harus ‘direm’ dan lebih mengutamakan segi ergonomis untuk mobilnya. Eits tapi bukan berarti hasrat modif berhenti sampai disitu, buktinya Civic FD1-nya dirombak total dengan tampilan berkonsep Civic Mugen RR.

Honda Civic FD1

“Sebenernya masih kepincut forced induction. Berhubung yang ready aero kit-nya dulu, jadi saya pasang yang ada aja itung-itung sambil nyicil mainin performa biar total sekaligus,” ujar pria asal Jawa Tengah ini. Yap, sekujur bodi Civic FD1 ini drastis berubah menjadi Mugen RR, alasannya karena konversi ke Civic Mugen RR enggak se-umum konversi ke Civic Type R (FD2R).

Biar Civic FD1-nya tambah catchy, ayah dari Keiichi Anargyo Pangestu ini ganti kaki-kaki pakai velg Volk Rays TE37 Tokyo Time Attack Edition 18 inci dan dibuat sedikit pendek melalui sport kit dari Tein. Alhasil, segi estetika di eksterior dan kaki-kaki lengkap didandanin olehnya.

Honda Civic FD1

Melongok ke kabin, pria yang doyan main game console ini juga nyematin beberapa aksen khas dari Honda seperti original start button milik Civic Type R dan pedal set dari Mugen sampai ke karpetnya loh! Bahkan doi sampai rela aplikasikan jok Recaro yang didesain khusus untuk balita untuk keselamatan anaknya.

Honda Civic FD1

“Jok saya lapis pakai kulit, kalau audio sih cuma sebatas bikin enak kuping aja pakai subwoofer, power, speaker split dari Venom V Series. Sedangkan head unitnya pakai Pioneer seri 8,” ujar Andri. Update terakhir, doi udah menyiapkan kap mesin carbon fiber Mugen RR sekalian mau upgrade performa. “Malu juga udah pakai dual HKS Hi Power exhaust system tapi mesin masih standar…” Wah, bakal ngeri nih kayaknya, thumbs up buat projectnya bro!

Andri’s Honda Civic :
Mugen RR Aero Kit, Mugen RR Headlamp & Tail Lights, Volk Rays TE37 Tokyo Time Attack 18” Wheels, Tein Sport Kit Suspension, Brembo 4 pot Caliper, Civic Type R Start Button, Mugen Pedal Set, Pioneer Head Unit, Venom V Series Speaker-Subwoofer-Power, HKS Hi Power Dual Exhaust System.

KOMENTAR