Honda Civic Estilo (SR3) : Passion And Function

Honda Civic Estilo (SR3) : Passion And Function

Dalam modifikasi, terdapat beragam konsep untuk diterapkan ke mobil. Tapi tidak bisa asal-asalan kalau sudah berbicara Honda Civic Estilo. Paling tepat (menurut kami dan sebagian besar orang) adalah berkonsep JDM (Japanese Domestic Market), yang kental dengan high performance.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Hans Gunawan, pemilik Civic hatchback ber-platform SR3 ini, juga mempunyai pemikiran demikian. “Konsep memang JDM, tapi tetap bisa dipakai sehari-hari. Jadi bukan hanya passion-nya saja, melainkan function mobil itu sendiri. Semua di mobil ini ada fungsinya,” buka Hans.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Yup, pertama-tama membahas mesin, yang tidak lagi D Series bawaan Honda Civic Estilo, melainkan K Series tepatnya K20A dari Honda Integra Type R DC5. Kalo ane liat om wiki, mesin naturally aspirated berkapasitas 2.000  cc DOHC i-VTEC tersebut sudah memiliki tenaga yang cukup besar, yaitu 220 HP. Ditambah cihuy karena engine bay dibuat wire tuck.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

“Mesin cukup porting-polished, balance kruk-as, dan pendukungnya. Karena kalau ekstrim, value for money-nya tidak ketemu. Dan saya mempertimbangkan reliable-nya,” lanjut Hans. Tenaga meningkat menjadi sekitar 250 HP. “Ini sudah cukup, 250 HP di bodi Civic Estilo yang enteng,” lanjutnya lagi.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Tenaga besar diikuti perubahan pada kaki-kaki. Hans menggunakan velg Enkei ES Tarmac dengan lebar 7 inci ET35 di depan, diikuti 7,5 inci ET15 di belakang membuat sejajar dengan fender. Padahal Civic Estilo berpenggerak roda depan. “Hehehe biar dari belakang keliatan semok bang,” jujur Hans.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Velg yang dibalut ban 195/50 tersebut dipilih lantaran diakui Hans sangat cocok. “Civic Estilo tahun 90-an, velg ini juga tahun 90-an, jadi matching lha ya,” katanya. Pengendalian dimaksimalkan oleh suspensi TEIN berjenis coilover. “Masalahnya karter oli lebih rendah dari chassis. Jadi suspensi depan dibuat paling keras, kalau belakang cukup cari comfort-nya,” bilangnya.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Kemudian bagian interior juga mengalami banyak ubahan. Dashboard Honda Civic Estilo masih dipercayakannya, yang ditemani lingkar kemudi Spoon Sports dan instrument cluster dari Honda S2000. “Speedometer S2K karena ingin gaya juga, tapi semua indikatornya berfungsi,” jelasnya.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Head unit pun ditiadakan, diganti gauges berupa water temp, oil temp, dan oil pressure. “Kembali lagi ke fungsinya, karena ketiga ini paling penting kalau sudah engine swap,” ucap Hans. Selebihnya, sepasang jok Bride siap diduduki untuk menambah pleasure di dalam Honda Civic Estilo ini.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Sementara bagian eksterior, rasanya sudah sangat tepat jika dipertahankan bentuk asli Civic SR3, yang juga diamini oleh Hans. Hanya saja penambahan beberapa perangkat yang terbuat dari karbon seperti kap mesin dan spion. Uniknya front lip dibuat berwarna oranye sebagai ciri khas mobilnya.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Seluruh ubahan pada Civic Estilo ‘D53AL’ ini diakui Hans tidak merepotkan dirinya saat mengendarainya. “Mau gaya tapi fungsinya gak ada, untuk apa juga?” bilangnya dengan tegas. “Dengan kondisi begini, sisi fun to drive-nya tetap ada,” tambah Hans.

Honda Civic Estilo K20A Hans Gunawan

Nampaknya pula, Honda Civic Estilo milik Hans ini sudah mencapai tahap final, karena dirasa sudah memiliki kebutuhan yang lebih penting, yaitu keluarganya. “Paling mesin mau fine tuning lagi, karena sudah lama banget tidak di-fine tune,” tutup Hans.

Engine : K20A Integra Type R DC5 JDM Spec Engine, Porting-polished cylinder head, K-Tuned Muffler, Hybrid Racing Header, Hybrid Racing Black Fuel Rail, Hybrid Racing Fuel Pressure, SARD FPR, Walbro Fuel Pump, Hondata KPro ECU, Spoon Sports Low Temp Thermostat, J’s Racing Low Temp Thermoswitch, Koyorad 3-fin Aluminium Radiator.
Drivetrain : Integra Type R DC5 Transmission w/ LSD & Shortshifter, Driveshaft Shop Axles, Exedy Clutch.
Interior : Bride Carbon Seats, Spoon Sports Steering Wheels, Honda S2000 Instrument Cluster, Defi Gauges, Mugen Pedals, Civic EG6 2-din Console, Civic EG6 Arm Rest.
Undercarriage : Enkei ES Tarmac 15x(7+7,5)” ET35-15 Wheels, Toyo R888 195/50 Tires, TEIN Super Street Damper Coilover Suspension, ARP Wheel Nuts, GReddy 6-pot w/ 282 mm Rotor Brake System, GReddy Brake Lines, Function 7 LCA.

Tuned by : XS Automotive.

Photoshoot location : The Breeze, BSD City, Tangerang Selatan.

KOMENTAR