Honda Civic (EG4) : The Black Stealth Missile

Honda Civic (EG4) : The Black Stealth Missile

Di kalangan Honda enthusiast, pandangan terhadap Honda Civic hatchback generasi ke-5 adalah tidak jauh-jauh dari performance. Yup, di Indonesia sendiri, sebagian besar pengguna Honda Civic Estilo telah memodifikasi utamanya pada bagian mesin.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Namun sebelum lebih dalam, kami ingin menginformasikan bahwa mobil ini bukanlah Honda Civic Estilo, melainkan Honda Civic berplatform EG4. Kami pun sempat tidak sadar saat melihat pertama kali, hingga akhirnya Apit dari Supernova menunjukan kode platform di engine bay.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Tidak sadar karena secara tampilan memang hanya sedikit sekali perbedaan Honda Civic EG4 dengan Civic Estilo untuk Indonesia. Civic EG4 yang kami liput ini sendiri sebenarnya dipasarkan di Jepang, atau yang biasa disebut JDM (Japanese Domestic Market). Selain itu juga dipasarkan untuk negara-negara lain seperti di benua Eropa.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Secara visual, pemilik Honda Civic EG4 ini tidak melakukan ubahan pada eksterior-nya. Hal ini bisa dibilang merupakan langkah yang paling tepat, setidaknya untuk sebagian besar pemakai Civic Estilo di Indonesia maupun negara lain, yang justru tetap mempertahankan tampilan orisinil.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan Civic Estilo adalah pada kabinnya, yang mana Civic EG4 memiliki warna interior yang lebih terang. Bagian lainnya adalah pada bagian jok, hingga speedometer-nya yang hanya sampai 180 km/jam.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Honda Civic EG4 dari pabrikan dilahirkan dengan mesin B16A bertransmisi automatic. Namun untuk Civic hatchback ini sudah digantikan dengan mesin K Series yaitu K20A, yang merupakan bawaan Honda Integra Type R DC5.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

“Ownernya sudah pernah coba B Series dulunya. Selain itu, karena bodinya EG4, dan dia gak mau setengah-setangah, akhirnya pilihan jatuh kepada K20A Type R,” jelas Apit, sang tuner. Sambil proses engine swap, bagian lain pada mesin juga ikut dirubah untuk mengoptimalkan tenaga.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Sebut saja intake manifold dan throttle body dari Skunk2 yang berukuran lebih besar agar mesin bernafas lebih lega. Asyiknya, filter udara berjenis open air-nya dibuat boks khusus untuk mempercantik tampilan, selain engine bay sudah di-wire tuck. Selain itu, exhaust system juga di-custom ulang mempercayakan ORD Exhaust. ECU standar pun dieliminasi dengan Hondata KPro.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Transmisi Honda Civic EG4 yang tadinya automatic, disubstitusi dengan transmisi manual 6-speed dari Integra DC5 yang berkarakter close ratio, lengkap dengan limited slip differential. Untuk rodanya sendiri tetap mempercayakan velg berkarakter Jepang dengan ukuran 15 inci dari Spoon Sports.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

“Tenaga 285 HP om.. Yang penting tetap enak dipakai jalan-jalan,” jujur Apit. Kami pun menyebutnya ‘The Black Stealth Missile’ (bukan BLACKED lhoo…). Apit juga sempat memperlihatkan performa Civic EG4 ini ketika menuju lokasi foto. Saat kondisi jalan tol kosong, Apit mengerahkan kira-kira setengah tenaga mesinnya, dan speedometer sangat mudah menyentuh angka 180 km/jam.

Honda Civic EG4 K20 Type R Engine

Tidak kalah pentingnya sistem pendingin udara Civic EG4 ini masih berfungsi secara normal. Namun sepertinya performa mesin K Series ini belum dibuat di titik maksimal. “Mau di-porting polish om, skalian ganti camfhast, dan lain-lain,” tutup Apit.

Spec :
K20A Honda Integra Type R DC5 Engine & Transmission, Skunk2 Pro Series Intake Manifold, Skunk2 70 mm Throttle Body, Uni Filter Open Air Filter, Custom Pipe & Box Filer, FID 550 cc Injectors, Rosko Racing Fuel Rail, Aeromotive Fuel Press Regulator, ORD Echaust Header, ORD Exhaust Resonator, ORD Exhaust Muffler, Hondata KPro ECU, Custom 6-puck Clutch, Insane Drive Shafts, K-Tuned Side Mount Pulley, K-Tuned Hose Radiator, Koyorad Radiator.

Tuned by : Supernova.

KOMENTAR