Honda Civic Bermesin Diesel Kini Punya Pilihan Transmisi 9-speed

Honda Civic Bermesin Diesel Kini Punya Pilihan Transmisi 9-speed

Honda Civic generasi 10 bermesin diesel 1.6L i-DTEC untuk pasar Eropa kini memiliki pilihan transmisi automatic 9-speed. Dijelaskan jika transmisi ini akan memberikan perbaikan pada perpindahan gigi, dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien yaitu 24,4 KM/liter dalam pengujian NEDC.

Dikutip dari paultan, pilihan transmisi otomatis 9 percepatan ini tersedia untuk Honda Civic sedan maupun hatchback-nya. Kombinasi mesin diesel dengan transmisi automatic 9-speed ini merupakan yang pertama di produk Civic.

Mesin 1.6L i-DTEC mem-produce 120 PS dan 300 Nm. Dikombinasikan dengan transmisi tersebut, akselerasi Honda Civic hatchback dari 0 ke 100 km/jam diraih dalam waktu 11 detik, dan top speed 200 km/jam. Kombinasi ini juga mereduksi emisi CO2 yaitu 108 g/km (sedan) dan 109 g/km (hatchback).

Honda mengatakan transmisi 9 percepatan dengan torque converter ini membuat mobil lebih efisien. Kemudian rasio gigi pertama membuat mobil lebih halus dan powerful, dan gigi 9 untuk membuat mesin berputar lebih rendah saat kecepatan sedang, yang hasilnya mengurangi konsumsi bahan bakar serta suara.

Selain itu, transmisi ini juga bisa melakukan perpindahan gigi dengan metode melangkahi. Contohnya dari gigi 9 ke gigi 5, atau dari gigi 7 ke gigi 4. Hal ini untuk meningkatkan respon ketika ingin berakselerasi. Kombinasi mesin diesel 1.6L i-DTEC dan transmisi automatic 9-speed juga tersedia pada Honda CR-V di Thailand.

KOMENTAR