Honda Brio S (DD1) : Eleganity Without Limit

Honda Brio S (DD1) : Eleganity Without Limit

Honda Brio S milik abang kita Bongar Sinaga ini layak diapresiasikan serta diberikan jempol keatas sebanyak-banyak. Karena pria berdomisili di seputaran Tebet-Jakarta Selatan ini tidak mau sama seperti Brio lainnya untuk urusan modifikasi.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Seperti judul yang kami beri di artikel ini, mobil ini berkonsep elegant. “Honda Brio kabanyakan modifikasinya lebih ke racing. Gue pengen coba yang lain, karena elegant dibawa harian bisa, dibawa jalan enak, dan tentu juga enak dilihat sih bang,” jujur Bongar yang tergabung di Honda Brio Club Indonesia (HBCI) dan #RecehanBKT ini.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Tidak sekedar meVVah, namun yang disematkan Bongar pada Brio DD1-nya juga tergolong unik, karena pemilihan warna bunglon. “Iya bang biasanya hitam atau putih gitu. Tapi kayaknya belum ada Honda Brio yang pake warna bunglon, dan masuk kok ke elegant. Paling keliatan warnanya ungu, biro, cokelat, dan oranye. Tapi kalau biasnya bener, bisa keliatan 6 warna,” jelas pria berkacamata ini.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Kami pun sadar, jika mobil produksi 2015 ini telah di-‘facelift’ seperti penggunaan headlamp Brio RS, dan bemper depan Honda Mobilio, berikut add-on kit yang di-custom. “Gue lebih demen bemper Mobilio ketimbang Brio yang facelift. Desainnya lebih masuk,” kata Bongar. Tidak lupa juga sunroof dipasangkan untuk mempertegas konsep.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Masih dari tampilan luarnya, Bongar menyematkan velg Modisch, yang dipilih lantaran sudah direncanakan sejak lama untuk Honda Brio-nya, dan juga memiliki desain yang cocok dengan konsepnya. “Ring 17, lebarnya 8 dan 9. Ini paling pas, bisa ke 18 inci tapi kegedean. Dan lebarnya cukup segitu, bisa saja lebih lebar lagi, tapi mesti widebody. Dan ini sama sekali belum widebody,” ucapnya.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Ground clearance pun dibuat rendah serendah-rendahnya dengan penggunaan suspensi udara. Dan saat aired-out membuat tampilan Honda Brio bunglon ini lebih cihuy. “Kalau dibuat tinggi pas jalan, itu sama kayak Brio standar. Tapi memang kelihatan pendek, karena gue kan udah tambahin add-on lip bang,” bilang pria yang bekerja di salah satu perusahaan ini.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Konsep elegant masih terus berlanjut ke bagian interior, yang mana secara keseluruhan dilapisi oleh bahan Hermes Leather mulai jok, dashboard, plafon, dan lain-lain. “Jok ditambah dikit busanya supaya kayak sofa. Dan juga di bagian belakang ditambahin mini bar untuk pemanis aja,” katanya.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Rasanya hambar jika tidak meng-upgrade audio system. “Gue suka denger lagu yang aliran slow,” jawabnya. Makanya bagian depan menggunakan speaker Reverb Acoustic, sedangkan di bagasi disematkan subwoofer, power, dan lainnya yang dikemas dengan kosmetik. “Sebenarnya gak terlalu suka, tapi biar enak juga di bagasi ada audio,” akunya.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Mesin pun tidak luput dari modifikasi, yang mana Bongar telah menginstal turbo di mesin 1.200 cc bawaan Honda Brio. “Bukan buat ngebut bang, tapi sebelum turbo, mobil rasanya berat banget. Jadi pasang turbo biar lebih enteng aja akselerasinya. Boost-nya juga kecil kok,” ungkap Bongar.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

Kami pertama kali melihat Honda Brio bunglon ini di ajang Honda Brio Tuning Contest tahun 2016 lalu. Saat itu, Bongar mendapat gelar Runner Up King of Brio Tuning Contest. Selain itu di kontes HIN 2016 Final Battle mendapat Killer Colour.

Honda Brio S 1.2 DD1 Bunglon

“Juara 2 kontes Brio itu sih ga nyangka bang, karena awalnya cuma mau eksis aja. Kalah di mesin, karena dulu belum turbo,” bilangnya. “Honda Brio ini mobil pertama yang gue bangun serius. Kedepannya belum tau mau ngapain, ada angan-angan sih hahaha,” tutupnya.

Bongar’s Honda Brio :
Honda Mobilio Front Bumper & Grille, Custom Add-on Kit, OEM Honda Brio RS Headlights, Webasto Sunroof, Chameleon Car Color, Modisch 3 Piece 17x(8+9)” Wheels, Ksport Air Suspension, Hermes Leather Interior Upholstery, Custom Mini Bar, Pioneer Head Unit, Reverb Acoustic F52 Front Speaker, Venom Rear Speaker, JBL 12” Subwoofers, Momentum Power Amp, Venom Power Amp, 7” LED TV (4pcs), Custom Hybrid CT10B Turbo, TiAL MVS External Wastegate, HKS SSQV IV BOV, Autobahn Intercooler, Custom Stainless 2.5” Turbo Piping, Custom Stainless 304 Exhaust System, ORD Exhaust V2 Muffler, OEM L15 Injectors, HKS Open Air Filter, Dastek Unichip Piggyback, Flex Performance Silicone Hose, Flex Performance T-bolt Clamp.

Modified by : DJM DJuan Motor.

KOMENTAR