First Impression Datsun Cross, From Concept To Reality

First Impression Datsun Cross, From Concept To Reality

Datsun Cross resmi diluncurkan di Indonesia hari ini (18/1) oleh Datsun Indonesia. Mobil ini sebenarnya sudah pernah tampil beberapa tahun ke belakang dalam bentuk konsep saat ajang pameran GIIAS, yaitu Datsun Go-Cross. Namun di awal tahun 2018 ini, Datsun Indonesia mewujudkannya dengan nama Datsun Cross.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Jika dibandingkan versi konsepnya, hanya sedikit yang berbeda dengan Datsun Cross. Bisa dibilang Datsun Cross merupakan Datsun Go+ yang dibuat menjadi mobil crossover. Impresi pertama kami, Datsun Cross tampil lebih gagah berkat sederet ubahan pada bagian eksteriornya.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Di bagian depan mendapat bemper baru serta ubahan grill, namun tidak meninggalkan ciri khas Datsun. Headlamp kini menggunakan model proyektor, ditambah adanya LED Signature Lamp yang membuat lebih cihuy dan sepertinya sudah merupakan standar bagi mobil-mobil masa kini. Uniknya, jika biasanya di bemper bagian bawah, posisi foglamp-nya agak di tengah bemper, tepat dibawah headlamp.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Sekeliling Datsun Cross diberikan body cladding, membuat lebih gagah, dan merupakan ciri khas mobil crossover. Velg pun kini dibekali diameter 15 inci dengan desain baru, dibalut ban profil 175/65. Berikut suspensi baru, Datsun mengklaim mobil ini memiliki ground clearance cukup tinggi yaitu 200 mm, dirasa cocok untuk jalan raya di Indonesia. Selain itu terdapat roof rack untuk membawa barang tambahan.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Bergeser ke bagian belakang, yang mana bemper Datsun Cross juga diberikan desain baru untuk mengimbangi ubahan pada bodi depan maupun samping. Di bemper belakang juga dihiasi dengan muffler tip. Selain itu, Roof spoiler membuat mobil ini menjadi lebih sporty.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Masuk ke dalam interior, yang mana didominasi warna hitam. Dashboard pun juga diberikan desain baru yang tampil sederhana. Tidak hanya hitam, beberapa bagian interior juga dikombinasikan dengan aksen silver dan semacam panel karbon. Di tengah dashboard terdapat head unit dengan layar touchscreen dengan fitur USB, AUX, dan bisa dikoneksi ke smartphone.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Datsun Cross 2018 Indonesia

Datsun Cross memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang. Bisa dibilang untuk jok depan, tengah maupun belakang desainnya sama dengan Datsun Go+, namun warnanya kali ini hitam berbahan fabric. Khusus jok belakang tidak memiliki headrest, yang kami tebak cukup untuk ditumpangi anak kecil, bukan orang dewasa. Jok belakang pun bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Datsun Cross 2018 Indonesia

Berbicara mesin, Datsun Cross dibekali mesin 3 silinder berkapasitas 1.2L dengan camshaft ganda (DOHC), yang mampu menghasilkan tenaga 68 HP untuk transmisi manual, dan 78 HP untuk transmisi automatic. Torsinya pun cukup besar untuk mesin seukuran tersebut, yaitu 104 Nm. Asyiknya, transmisi automatic pada Datsun Cross adalah X-Tronic CVT, yang mana perpindahan giginya halus.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Berbicara keselamatan, Datsun Cross diberikan sejumlah fitur unggulan. Sebut saja Vehicle Dynamic Control (VDC), kemudian Anti-lock Braking System (ABS), hingga Dual Airbags di bagian depan. Selain itu, Datsun Indonesia juga mengklaim jika tingkat NVH (noise, vibration, harshness) mobil ini lebih rendah, sehingga kabin menjadi lebih senyap.

Datsun Cross 2018 Indonesia

Datsun Cross dijual dengan harga Rp 163 juta untuk transmisi manual, dan Rp 175 juta untuk transmisi automatic. Berbeda sekitar Rp 27 jutaan dengan Datsun Go+ varian tertinggi, namun fitur-fitur yang didapat sebanding dengan perbedaan harganya. Apalagi status mobil Datsun Cross bukan sebagai mobil LCGC.

KOMENTAR