First Driving Mitsubishi Pajero Sport Dakar

First Driving Mitsubishi Pajero Sport Dakar

BosMobil – Di kelasnya, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4X2 menjadi salah satu SUV yang memiliki asupan tenaga terbesar dibandingkan para rivalnya. Tak heran bila namanya cukup besar di dunia balap reli, bahkan dikalangan masyarakat Indonesia Pajero seakan menjadi salah satu pilihan big SUV yang cukup digemari, tentu bukan hanya dikarenakan soal tenaga saja tapi juga beragam faktor.

Melihat dari visualnya, Pejero Sport Dakar 4×2 ini memang mimiliki sosok dimesni body yang bisa dikatakan cukup boxy, namun begitu kesan sebuah SUV tangguh tetap ditonjolkan baik dari sisi depan maupun guratan tegas disekujur bodinya, apalagi dengan jenjang ground clearance yang cukup tinggi hingga membuatnya terlihat kokoh. 

images

Tampilan baru dari Pajero Sport Dakar ini ditunjukan melalui sektor depan tepatnya dibagian grill dan bumper yang dibuat lebih menonjol hingga mengesankan sisi sportynya, sedangkan untuk memberikan aura elegan grill pun dihiasi dengan aksen krome bersama lambang tiga berlian serta foglamp yang turut dihiasi oleh aksen krome. Masuk ke bagian belakang, memang terkesan minimalis namun tetap dinamis berkat hadirnya rear combination lamp dengan model clear.

images

Masuk ke dalam kabin, sedikit kaget ketika melihat kelapangannya. Baris pertama dan kedua kami cukup acung jempol mengenai sisi kelapanganya, namun tidak untuk baris ketiga. Kami lebih memilihnya untuk dijadikan ruang bagasi, karena akan jauh lebih lapang dan fungsional kecuali bila anak kecil akan masih lebih nyaman. Suasana lapang berlanjut ketika redaksi berada di balik kemudi, tatanan dashboard yang sejajar membuat kabin terasa lebih luas. 

images

Layoutnya terkesan sederhana, tapi masalah ergonomsi serta kelengkapan fitur tak perlu lagi diragukan. Gagang kemudi sudah dilengkapi dengan audio control dan dibelakanngya terdapat paddle shift untuk memudahkan dalam memindahkan ggi saat berkendara, sedangkan sebagai saran entartainment serta informasi, Pajero Sport Dakar sudah dilengkapi dengan multimedia monitor lengkap dengan fitur navigasi serta rear view camera. Uniknya, untuk MID alias multi information display justru berada tepat di atas monitor tak seperti kebanyakan mobil lain yang menyatu dengan speedometer.

images

images

Kesan mewah dan nyaman ditonjolkan melalui balutan leather pada seluruh jok serta aksen wood panel pada dashboard, tak lupa sunroof juga sudah melekat pada atap yang akan memberikan kenikmatan sensasi berkendara ketika anda berpetualang bersama keluarga.

images

Cukup dengan eksterior dan interior, giliran merasakan putaran tenaga serta sensasi berkendara dibalik kemudi Pajero Sport Dakar 4X2 yang dibekali dengan mesin 2.5L 4-silinder berpadu dengan teknologi common-rail Direct Injection Diesel (DI-D) serta Variable Geometry Turbo (VGT) yang dilengkapi intercooler. Dari data tertulis mesin ini mampu meyuplai tenaga hingga 178 dk dengan torsi puncak 350 Nm diputaran 4.200 rpm.

imagesPutaran tenaganya sudah terasa saat diputaran bawah, respon yang cepat pada posisi 'stop n go' tergolong cukup enteng meski menopang bodi boxy. Teknologi VGT cukup terbukti mampu menyupali teanga lebih cepat dengan olahan putaran turbin saat berada di rpm rendah. Menjajalnya diruas jalan ibu kota memang cukup nyaman, apalagi dengan kedapnya ruang kabin yang mampu meredam suara bising dari luar maupun mesin dieselnya. Sayangnya untuk masalah pengendalian ia tak senyaman kompetitor karena cukup keras, apalagi ketika diajak bermanuver.

images

Saat mengebernya di ruas jalan lapang, kami cukup dikejutkan oleh putaran atasnya yang tergolong beringas. Respon yang cepat serta asiknya membejek pedal gas menjadi salah satu kelebihan dalam hal performa untuk Pajero Sport, belum lagi ditambah dengan perpindahan gigi yang halus sehingga minim hentakan saat berada di kecepatan tinggi. Minus yang paling terasa dari mobil-mobil bergenre SUV pada umumnya tetap kami rasakan yaitu limbung ketika melibas tikungan dikecepatan tinggi, namun ketika kami membawa Pajero di jalur bumpy dan permukaan tak rata justru jauh lebih nyaman, getaran pun dapat diredam dengan baik oleh kaki-kakinya. 

images

Bagi para keluarga muda, atau anda yang gemar dengan hobi car traveling Mitsubhisi Pajero Sport Dakar 4X2 yang dibandrol sebesar Rp464 juta on the road ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Beberapa kelebihan yang diusungnya seperti, ruang lapang serta performa bahkan hingga sisi konsumsi bahan bakar menjadi keunggulannya.

KOMENTAR