ETCC Indonesia Tunda Resmikan Status Kejurnas ETCC

ETCC Indonesia Tunda Resmikan Status Kejurnas ETCC

BosMobil.com – Seiring dengan perkembangan positif yang terjadi pada balap European Touring Car Championship (ETCC) dalam beberapa tahun belakangan, maka untuk musim balap 2015 ini ETCC dikabarkan akan berganti status menjadi Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

Kabar ini dilontarkan pertama kali saat Press Conference yang digelar oleh pihak ETCC, berbarengan dengan event ETCC Indonesia Gathering 2015 yang diadakan pada 3 April 2015 yang lalu. Saat itu dikabarkan bahwa status Kejurnas tersebut akan berlaku mulai seri 2 balap ETCC 2015. Sementara untuk regulasinya sendiri kabarnya akan menggunakan standar regulasi resmi dari pihak PP IMI (Ikatan Motor Indonesia).

05

Nah…pada balap ETCC 2015 Seri 2 yang sudah berlangsung pada 24 Mei 2015 lalu, tim BosMobil.com coba mengkonfirmasi soal status baru yang akan disandang balap ETCC tersebut. Untuk itu tim BosMobil.com mewawancarai Andre Dumais yang merupakan salah satu ‘founder’ ETCC Indonesia.

08

07

Menurut Andre yang juga adalah pembalap tim D’Spec Motorsport itu, pergantian status balap ETCC 2015 menjadi Kejurnas batal diberlakukan pada ETCC 2015 Seri 2 lantaran masih kurangnya persiapan untuk menggelar balap ETCC dengan menggunakan regulasi baru yang katanya merupakan gabungan antara regulasi yang sudah berlaku di balap ETCC selama ini dengan standar regulasi balap versi PP IMI.

04

“Jadi seri ke-2 ini belum masuk kejurnas. Memang sebelumnya kami diminta oleh PP IMI untuk merubah balap ETCC ini menjadi kejurnas. Tapi semua itu butuh waktu, khususnya persiapan dari sisi regulasi. Kami tidak mau murni menggunakan regulasi PP IMI kalau regulasi tersebut bisa menyebabkan berkurangnya jumlah peserta ETCC. Jadi rencananya kami akan menggunakan regulasi yang adalah gabungan antara regulasi ETCC dengan regulasi PP IMI,” sebut Andre saat ditemui BosMobil.com di paddock-nya.

09

06

Jika di balap ETCC 2015 Seri 2 lalu belum berstatus Kejurnas, lantas kapan persisnya status tersebut akan mulai diberlakukan? Untuk pertanyaan ini Andre memberikan jawaban bahwa status Kejurnas akan disandang balap ETCC kemungkinan mulai di seri 3 yang akan berlangsung sekitar akhir Agustus 2015 mendatang.

03

“Kalau melihat dari jeda waktu yang cukup lama dari ISSOM Seri 2 ke ISSOM Seri 3, saya mengharapkan mungkin di ISSOM Seri 3 status itu sudah mulai diberlakukan. Tapi untuk pastinya, nanti akan kami informasikan lebih lanjut,” konfirmasi Andre.

02

Di akhir sesi wawancara, tak lupa Andre menyarankan semua pembalap ETCC untuk menggunakan HANS tersebut saat balapan. Karena menurutnya faktor safety itu jauh lebih penting selain balapannya itu sendiri. HANS itu sendiri merupakan perangkat keselamatan bagi pembalap mobil yang dikenakan pada bagian leher pembalap saat balapan dan berfungsi untuk mengurangi resiko cidera pada leher ataupun patah leher.

Baiklah, kita nantikan saja konfirmasinya saat balap ETCC 2015 Seri 3 mendatang. Pantau selalu BosMobil.com…!

 

KOMENTAR