ERCI Sumatera Utara Bersih-Bersih Di Pantai Bosur Tapanuli Tengah

ERCI Sumatera Utara Bersih-Bersih Di Pantai Bosur Tapanuli Tengah

Hari Bumi pada 22 April lalu mendorong  Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan kegiatan pembersihan pantai dan memberikan tong sampah di Pantai Bosur, Tapanuli Tengah. Bertemakan Go Blue ERCI Sumut, kegiatan ini sebagai kepedulian terhadap perusakan lingkungan dan pelestarian alam, serta peduli terhadap pesona parawisata di Sumatera Utara.

Sekitar 50 mobil Suzuki Ertiga beriringan dari Medan pada Jumat (21/4) sore menuju Tapanuli Tengah, melintasi jalan Lintas Barat, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Parapat, Tarutung dan Sibolga. Lalu tiba Sabtu (22/4) pagi langsung menuju Pantai Bosur di Tapanuli Tengah.

Ertiga Club Indonesia ERCI Sumatera Utara

Tiga puluh Unit Tong sampah diserahkan kepada pengelola Pantai Bosur, yaitu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Mansalar. Penyerahan diterima langsung oleh Direktur BUMD Mansalar, Carolina. Selain itu, ERCI Sumut bersama ratusan relawan turut membersihkan pantai bosur.

“Ini merupakan kegiatan sosial kami di ulang tahun ERCI Sumut yang ke-3 bertepatan dengan Hari Bumi. Kami menyerahkan tong sampah dan membersihkan Pantai Bosur,“ kata Ketua ERCI Sumut, Debe Salman didampingi Sekretaris ERCI Sumut, H. Muhammad Rizki.

Ertiga Club Indonesia ERCI Sumatera Utara

Ketua panitia Go Blue ERCI Sumut, Asrizal Hadi Lubis mengatakan, dipilihnya lokasi ini karena wisata Tapanuli Tengah merupakan kabupaten pesisir pantai yang dikelilingi banyak pulau sebagai lokasi wisata di Sumatera Utara.

“Tapanuli Tengah ibarat Pukket-nya Indonesia, keindahan pulau dan terumbu karang disini luar biasa jika dikelola dengan baik. Banyak lokasi wisata di Sumatera Utara, namun kurang maksimalnya perhatian terhadap pengelolaan lokasi-lokasi wisata, sehingga kurang dikenal, terutama kebersihan pantainya, dan optimalisasi pengelolaan sehingga bisa dikenal manca negara,“ kata Asrizal.

Ertiga Club Indonesia ERCI Sumatera Utara

“ERCI mampu membangkitkan semangat dan rasa kepedulian terhadap Tanah Air, apa yang bisa kita lakukan dan bermanfaat bagi masyarakat, agar kehadiran ERCI dapat diterima di masyarakat, apalagi bulan depan kami akan melaksanakan Jambore nasional yang berpusat di Lampung, disini juga kegiatan dibarengi dengan bakti sosial,“ kata Firdaus Nasution, Sekjend ERCI Pusat.

Firdaus melanjutkan, kegiatan ERCI ini bertujuan menciptakan lingkungan bersih di pantai, sehingga pantai di Sumatera Utara seperti Pantai Bosur dapat bersaing dengan pantai-pantai di Bali, hingga nantinya Pantai Bosur dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia. Firdaus juga berharap, para pengunjung agar tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan Pantai Bosur.

Ertiga Club Indonesia ERCI Sumatera Utara

Kegiatan bersih-bersih pantai oleh ERCI mendapatkan apresiasi dari pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, melalui pihak pengelola Pantai Bosur. Direktur BUMD Mansalar, Carolina berharap kegiatan ini dapat ditiru oleh berbagai komunitas lain.

KOMENTAR