Didukung Pemda Maluku, David Sitanala Balap China Formula 4 Tahun 2017

Didukung Pemda Maluku, David Sitanala Balap China Formula 4 Tahun 2017

Bersinar di balap gokart beberapa tahun terakhir, David Sitanala akan mengikuti ajang balap China Formula 4 musim 2017. Pembalap 17 tahun asal Maluku ini mendapat dukungan penuh oleh  Ir. Said Assagaf (Gubernur Provinsi Maluku), dan Edwin Huwae (Ketua DPRD Maluku) di China Formula 4 ini.

“Saya senang dan merasa terhormat mendapat kepercayaan dari Gubernur Maluku, dan pejabat Pemda Maluku serta DPRD. Saya harap anak muda Maluku selalu bangga terhadap asalnya dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk berprestasi,” bilang David Sitanala.

David Sitanala Maluku Jong Ambon 2017 China Formula 4

“David Sitanala adalah salah satu kader IMI Maluku yang menunjukan prestasi mendunia. Kami bangga David telah berprestasi dalam usianya yang masih muda. Kami selalu dukung David Sitanala untuk terus maju dan mengharumkan nama Maluku di internasional,” ungkap Sandy Wattimena, Ketua IMI Maluku. Selain itu, David Sitanala juga didukung Karel Albert Ralahalu, Ketua Umum KONI Maluku.

“Program persiapan David untuk China Formula 4 sudah kami siapkan dari awal tahun ini. David tidak pernah putus mengikuti latihan fisik dan mental dari pelatihnya, Dennis Van Rhee. David akan melakukan testing dengan beberapa tim papan atas Februari 2017 mendatang,” jelas Stanley Iriawan, manager David Sitanala dari Iriawan Racing Development.

David Sitanala Maluku Jong Ambon 2017 China Formula 4

David Sitanala akan menggunakan mobil Formula 4 dengan mesin 1.600 cc naturally aspirated bertenaga kisaran 160 HP, yang ditemani transmisi sequential 6-speed. “Untuk tenaga, sebenarnya tidak beda jauh dengan gokart, karena formula kan di sirkuit yang lebih besar. Tapi kalau mobil gokart mudah lihat kiri kanan, kalau mobil formula tidak, apalagi nose-nya panjang. Jadi harus pakai perasaan,” jelas David.

Kemudian mengenai pengenalan sirkuit, pria yang dipanggil ‘Jong Ambon’ ini juga mempelajarinya melalui simulator rFactor. “Kami pelajari beberapa sirkuit di simulator untuk mengetahui titik pengereman, racing line, dan lainnya agar nanti tidak kaget saat ke sirkuit aslinya,” katanya. Di China Formula 4 musim 2017, David Sitanala dijadwalkan akan mengikuti 18 race.

KOMENTAR