David Sitanala 2 Kali Naik Podium Juara 3 Di Formula 4 Cina

David Sitanala 2 Kali Naik Podium Juara 3 Di Formula 4 Cina

David Juliano Sitanala akhirnya melakukan debutnya di Formula 4 Cina dengan mengikuti seri perdana di Zhuhai pada 22-23 April 2017 lalu. Pria berjulukan ‘Jong Ambon’ ini sanggup menaiki 2 kali podium juara 3 di race pertama dan ke-2.

Di race pertama, David Sitanalan memulai dari posisi 9 dan finish di posisi 3 dibawah 2 pembalap tuan rumah, Charles Leong dan Charles Lin. “Yang saya pegang saat mau start itu adalah ucapan Dennis Dennis Van Rhee (pelatih fisik), yaitu ‘kesempatan kamu untuk masuk 5 besar hanya ada di 3 lap awal, saat posisi semua masih berdekatan”, katanya.

Saat lap 5 dan 6, David akhirnya bisa berada di posisi 3 sampai lap ke-10. “Tim saya, Champ Motorsport, sudah memberikan yang terbaik buat saya. Driver coach, Julio Acosta, race engineer dari Jepang Hiroshi Kato, benar-benar memberikan teknik dan setting mobil terbaik buat saya,” ungkapnya. David mampu mencetak waktu 1:43,058.

Di race ke-2, David kembali mencatatkan dirinya sebagai juara ke-3, dan kembali dibawah Charles Lin dan Charles Leong. “Seting mobil untuk balapan ke-2 tidak terlalu berbeda jauh dengan pertama. Jadi saya bisa tampil maksimal. Tetapi 2 pembalap urutan pertama dan kedua memang tampil bagus. Saat latihan catatan waktu mereka berdua selalu kejar-kejaran dengan catatan waktu saya,” ungkap David.

Sayangnya untuk balapan ke-3 ada sedikit masalah di sistem kelistrikan mobil formula 4 David. “ECU mobil kami ada masalah. Kalaupun kami memaksakan untuk tetap turun balap, mobil kami nggak akan bisa sekencang mobil lainnya,” ungkap David. Akhirnya setelah berunding dengan tim, David akhirnya memutuskan untuk tidak turun pada balapan ke-3.

David Sitanala akan kembali berlaga di Formula 3 Cina pada 20-21 Mei mendatang di Chengdu.

 

KOMENTAR