Datsun Go Panca : National Unity For All

Datsun Go Panca : National Unity For All

Datsun Go Panca yang memenangi kontes Datsun Xplore Your Style 2016 lalu ini terdapat pesan dibalik modifikasinya. “Persatuan Indonesia, bidang otomotif jarang yang mengkampanyekan hal ini. Kebetulan ada event, jadi ada kesempatan kami untuk mengkampanyekan Bhineka Tunggal Ika,” buka Tomi.

Datsun Go Panca

Di bagian depan Datsun Go Panca ini, modifikator dari workshop Tomi Airbrush ini menyematkan Garuda Indonesia. “Kami juga menceritakan sejarah dan karakteristik Indonesia, seperti wajah presiden pertama hingga ketujuh, adanya batik, rumah adat, dan lainnya. Dasar grafisnya adalah ketupat, agar seluruh grafis memiliki keterikatan, yaitu Indonesia,” sambungnya.

Datsun Go Panca

Namun namanya modifikator, eksterior tetap mendapat ubahan desain. Bemper depan maupun belakang Datsun Go Panca ini telah berubah termasuk rear wing-nya. “Bemper kami custom agar tampilan lebih sporty. Dan juga atap sengaja dibuat karbon untuk menguatkan sisi sporty, sekaligus keselarasan mobil ini juga,” jelas Tomi.

Datsun Go Panca

Kaki-kaki menyesuaikan dengan konsep, yang akhirnya dipilih velg Rota Wheels palang 5 desain sporty 18 inci. “Supaya tampilan sporty-nya tetap kuat,” jelasnya lagi. Namun uniknya tidak dibuat ceper. “Di kontes ada ujian seperti kelayakan jalan, diajak ngebut, gymkhana. Dan mobil kami bisa melewati semua itu. Bisa kami buat pendek, cukup disetel dari suspensi,” jujur Tomi.

Datsun Go Panca

Masuk ke interior yang secara keseluruhan Datsun Go Panca ini sudah berubah. Tomi pun bekerjasama dengan Jipianto dari VIP Leather, dengan mempercayakan bahan semi kulit Vector Ultima untuk pelapis jok di depan maupun belakang.

Datsun Go Panca

Datsun Go Panca

“Konsepnya kami buat classic elegant dengan motif wajik, karena di eksterior ada corak ketupat, supaya sesuai dengan eksterior. Warnanya saddle brown, seperti serat kayu, untuk menyesuaikan warna eksteriornya juga,” ungkap Jipianto.

Datsun Go Panca

Pembentukan wajik pun diakui Jipianto cukup menyulitkan. “Karena harus secara detail, tapi motifnya tetap bisa dibentuk dengan mudah karena tetap lentur bahan semi kulitnya. Jok depan kami ganti bekas Lexus, tapi kami ubah lagi dan bentuknya sedikit bucket. Untuk jok belakang kami ubah desainnya, karena standarnya Datsun Go Panca hanya rata saja,” jelasnya lagi.

Datsun Go Panca

Haram nampaknya jika audio system belum berubah. Makanya di bagasi Datsun Go Panca ini sudah bersarang berbagai perangkat audio system seperti subwoofer, power amplifier dan lainnya yang dikemas dalam kosmetik dengan grafis Persatuan Indonesia seperti bagian eksteriornya.

Datsun Go Panca

Datsun Go Panca ini merupakan kolaborasi antara Tomi Airbrush, VIP Leather, Speed & Shine, dan Azora, yang mana saat gelaran Datsun Xplore Your Style 2016 di Jakarta lalu, mendapat Breakthrough Body Kit, Attractive Paint, Airbrush Master, Stand Out Undercarriage, Stylish Interior, Risers Gadget, Regional Champion of Datsun Xplore Your Style, hingga Ultimate Champion of Datsun Xplore Your Style.

Datsun Go Panca

“Kurang lebih 1 bulan Datsun Go Panca ini dibuat. Kami bersyukur bisa mendapat gelar ultimate champion, yang mana berarti apa yang kami buat dihargai oleh pihak APM maupun juri. Kami juga berterima kasih kepada teman-teman yang datang dan melihat mobil ini,” tutup Tomi.

KOMENTAR