Daihatsu Sirion Ini Dikonversi Menjadi RWD Untuk Sprint Rally

Daihatsu Sirion Ini Dikonversi Menjadi RWD Untuk Sprint Rally

Di ajang balap, mobil dengan berpenggerak roda belakang atau rear-wheel drive (RWD) akan lebih menjanjikan. Makanya Daihatsu Sirion milik Reza Aliwarga ini dikonversi menjadi RWD untuk mengikuti ajang balap tahun depan.

Seperti dilansir oleh tune up digital, pria pemilik kontes modifikasi HIN tersebut menantang DSS Garage agar mobil Daihatsu Sirion-nya bisa digunakan di balap utamanya sprint rally. Workshop tersebut pun telah menyiapkan resep-resep untuk merealisasikannya.

daihatsu-sirion-sprint-rally-okt2016-02

Proses konversi menjadi gerak belakang pun tentunya mengalami sejumlah ubahan. Dijelaskan jika as roda depan telah dicopot, namun tetap mempertahankan mcpherson strut. Sementara dummy axle di belakang diganti dengan solid axle dengan pemasangan sistem 4-link.

Sementara untuk mesin Daihatsu Sirion sendiri juga dipensiunkan, gantinya racikan Holeshot Racing yang berkapasitas 1.300 cc tentunya posisinya menjadi longitudinal engine, dengan target tenaga 200 HP. Untuk kebutuhan balap, mesin tersebut dikoneksikan ke transmisi dog box sequential 6-speed.

daihatsu-sirion-sprint-rally-okt2016-03

Proyek modifikasi ini dijelaskan telah berjalan sejak awal bulan September 2016, yang diharapkan pada akhir November 2016, Daihatsu Sirion ini sudah bisa melakukan sesi dyno test, dilanjutkan bulan Desember menjadi uji coba di lintasan balap.

KOMENTAR