Citroen Dyane 6 1974 : Si Hijau Yang Bikin Makin Gandrung

BosMobil – Kalau dilihat dari desain bodinya, Citroen Dyane 6 memang tak banyak perbedaan dengan generasi pendahulunya, yaitu Citroen Dyane. Hanya sisi performanya atau lebih tepatnya sektor mesin yang membedakan keduanya. Citroen Dyane 6 dianugerahi mesin baru berkapasitas lebih besar dari sebelumnya, yakni 602 cc. Nah…salah satu Citroen Dyane 6 yang masih original dan bertahan di Indonesia hingga saat ini bisa ditengok pada Citroen Dyane 6 milik Pak De Bei Budiono berikut ini.

Menurut riwayatnya, Citroen Dyane 6 yang belakangan diketahui lansiran tahun 1974 ini dulunya adalah milik salah satu teman Pak De Bei. Dengan alasan mengetahui bahwa Pak De Bei tengah gandrung dengan segala jenis Citroen klasik berkapasitas mesin 602 cc, maka ditawarkanlah Citroen Dyane 6 berkelir hijau muda ini ke Pak De Bei. Akhirnya, sekitar bulan Agustus 2014 yang lalu, Pak De Bei yang tinggal di kawasan Serpong, Tangerang Selatan ini meminang Citroen Dyane 6 bernopol B 2482 WD ini.

images

“Waktu itu mobil ini didapat di daerah selatan Jakarta dari teman baik saya sekitar 4 bulan lalu. Dijual ke saya karena memang pemiliknya tahu bahwa saya baru gandrung CITROËN 602 cc. Lagian saya hanya sayang aja kalau dijual ke orang yang tidak paham dan tidak suka originalitas,” kenang Pak De Bei.

images

Ketika baru pertama berpindah tangan, Citroen Dyane 6 ini berkondisi cukup baik. Meskipun terdapat sejumlah karat yang menggerogoti tubuhnya, namun hampir seluruh bagian eksteriornya masih asli bawaan pabrik. Termasuk cat, dan segala pernak-pernik eksterior, seperti lampu-lampu, spion, emblem-emblem, kaca, grill, bumper depan-belakang, dan juga kunci pintu.

images

Bahkan penyok di spakbor belakang-kanan dan depan-kiri pun sengaja tak diperbaiki demi mempertahankan originalitasnya. Namun demi mengakomodir kebutuhan berkemudi di masa kini, maka Pak De Bei menambahkan sepasang lampu kabut berlabel Paris Iode yang konon ketersediaannya cukup langka di Tanah Air.

images

“Exteriornya hampir 75 persen original walaupun ada yang kropos karena usia. Saya hanya pasang list asli dikeempat pintunya, karet bumper depan-belakang, dan list diatas plat nomer belakangnya. Cat sebagian masih asli pabrik dan semua lampu-lampu, grill, emblem-emblem, kaca-kaca, dan lain-lain masih original standart pabrik. Bahkan kunci kontak kunci pintu masih bawaan pabrik. Saya hanya tambahin 2 buah lampu kabut jaman dahulu merknya Paris,” sebut Pak De Bei.

images

images

Sedikit lebih parah kondisi interiornya. Akibat terlalu lama terbengkalai dan usianya yang sudah menginjak 40 tahun, tak heran jika kondisi interiornya sangat kotor. Debu tebal melekat di semua joknya. Pelapis jok depan bagian bawahnya pun sudah ada yang robek. Meskipun begitu, semua panel interiornya terdeteksi lengkap dan original bawaan pabrik. Sebut saja seperti setir, tuas perseneling, dashboard, dan lain-lain.

images

Supaya tampak bersih, segar, nuansa originalnya tak hilang, maka Pak De Bei cukup mencuci semua jok Citroen Dyane 6 ini dengan air sabun dan kemudian menjemurnya hingga benar-benar kering. Sementara robek di jok depan bagian bawah cukup dilapis ulang dengan bahan non-original namun mirip aslinya.

images

“Interior semua asli, tapi kotornya bukan main mas. Kotornya itu debu yang sudah menempel lama. Sedangkan saya mau mempertahankan keaslian kain joknya. Jadi untuk membersihkannya harus disikat pelan-pelan takut kain joknya robek karena sudah tua kainnya. Saya pakai air sabun saja, sama sikat sepatu yang halus, serta lap kanebo aja.Jadi basahnya nggak basah banget, hanya sedikit tapi rata. Habis itu dijemur. Proses membersihkan jok ini aja perlu waktu 3 hari loh mas,” tutur Pak De Bei ketika ditanya tim BosMobil.com.

images

“Terus itu tadi jok depan bagian bawahnya sobek besar tanpa bisa di jahit. Sehingga mau nggak mau saya ganti pakai kain yang mirip, tapi pakai yang biasa aja. Jok belakang juga utuh semua, dan panel-panel di interior juga masih lengkap dan ori. Seperti setir, tuas perseneling, dashboard, dan lain-lain masih asli pabrik mas. Bahkan dongkrak dan kunci roda bawaan pabriknya masih ada didalam mobilnya loh mas. Hehehehe….,” tambah Pak De Bei.

images

Jika sudah seperti ini, maka sudah bukan sesuatu yang mengherankan lagi jika sektor kaki-kaki saat Citroen Dyane 6 ini masih bisa berfungsi cukup normal saat pertama dibeli. Tapi namanya juga mobil klasik, sudah barang tentu ada beberapa bagian yang memerlukan penggantian. Khususnya pada komponen ‘fast moving’, seperti bearing roda.

images

“Kaki-kaki setelah saya cek hanya bearing atau laher roda keempatnya aja yang sudah oblak mas. Akhirnya saya ganti semua pakai bearing asli stok dari gudang saya. Sokbreker dan tie rod masih bagus dan original. Velg dan dop juga masih asli,” seru Pak De Bei.

images

Sama kasusnya dengan sektor penghasil tenaga alias mesin. Terdeteksi, pada bagian ini juga masih original dan berfungsi cukup baik. Tapi demi mengembalikan performa optimalnya dan supaya bisa dikemudikan dengan nyaman, maka Pak De Bei mensubstitusi oli, filter oli, busi, dan platina kondensor dengan yang baru.

images

Nah…lantaran sebagian besar masih original dan tak banyak yang perlu diperbaiki atau diganti, maka hanya dalam hitungan sekitar 30 hari, kondisi Citroen Dyane 6 ini sudah bisa kembali seperti semula. Mantaaaaaaaaaaabbb…………!

11

KOMENTAR