Ciri Khas Honda Brio Berubah, Ini Kata Honda

Ciri Khas Honda Brio Berubah, Ini Kata Honda

Honda Brio di Indonesia telah memulai babak baru dengan memasuki generasi ke-2 yang resmi diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada awal Agustus 2018 lalu. Generasi baru, tentunya hadir dengan model baru, utamanya dimensi dan wheelbase yang lebih panjang ketimbang generasi sebelumnya.

Ubahan dimensi Honda Brio generasi ke-2 ini membuat legroom penumpang belakang lebih lega, dan bagasi yang lebih luas. Namun ubahan ini justru membuat ciri khas Honda Brio sebelumnya hilang, yaitu bagian belakang yang tadinya ‘tepos’ menjadi ‘membulat’, dan pintu belakang yang tidak lagi berbahan kaca secara keseluruhan.

Kami sempat menanyakan hal ini kepada Julian Karfili dari tim Public Relation HPM saat pengumuman harga all new Honda Brio kemarin (12/9). “Memang perubahan desain belakang ini menjadi pro dan kontra. Sama seperti waktu itu Honda CR-V yang ciri khasnya mengkotak, menjadi agak bulat,” ungkapnya.

Pria ramah ini pun mengatakan perubahan desain pada bagian belakang Honda Brio ini dilakukan untuk fungsionalitas. “Kami sebelumnya menanyakan kepada banyak konsumen Honda Brio, dan kebanyakan dari mereka ingin kabin belakang yang lebih lega. Mereka mengatakan pintu belakang terlalu dekat dengan penumpang belakang,” lanjutnya lagi.

Perubahan model pintu belakang tidak lagi kaca secara keseluruhan pun juga membuat Honda Brio generasi 2 memiliki fitur tambahan yaitu Electric Trunk Opener. Hal tersebut memudahkan saat membuka pintu bagasi, serta tidak adanya lagi door handle sehingga membuat tampilan belakang lebih manis.

“Seperti yang saya bilang kasus Honda CR-V tadi, dari mengkotak menjadi membulat. Hasilnya Honda CR-V mempunyai ciri khas baru. Nah nantinya Honda Brio akan sama seperti ini,” tutup Julian. Jika kami boleh memberi opini, mungkin kata-kata yang cocok adalah “It’s a matter of time…” mantap.

Berikut ini adalah daftar harga all new Honda Brio :
Honda Brio Satya S M/T – Rp 139 juta
Honda Brio Satya E M/T – Rp 147,5 juta
Honda Brio Satya E CVT – Rp 162,5 juta
Honda Brio RS M/T – Rp 175 juta
Honda Brio RS CVT – Rp 190 juta
(on-the-road Jakarta, estimasi BBN mobil pertama tahun 2018)

KOMENTAR