Honda Brio Satya (DD1) : Boosted Makes More Fun To Drive

Honda Brio Satya (DD1) : Boosted Makes More Fun To Drive

BosMobil.com – Insinyur tentunya telah merancang mobil sedemikian rupa untuk mengedepankan sisi ‘Fun To Drive’. Tapi penghobi kecepatan akan merasa kurang ‘Fun’ jika memiliki mobil berjenis hatchback city car, yaitu Honda Brio Satya yang mesin bawaannya bertenaga 88 HP.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-02

Untuk meningkatkan tenaga, salah satunya adalah mencangkokan turbo. Kami pun terus memantau di social media mengenai proyek pencakokan turbo pada Brio Satya milik Adhe ini yang dikerjakan oleh workshop AP Speed.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-03

Begitu menanyakan untuk peliputan Brio turbo-nya , dengan senang hati Apre langsung memberikan lampu hijau, bahkan memberikan kunci-nya dan diijinkan untuk kami coba. Meskipun sudah turbo, impresi pertama kami yaitu seperti mengendarai mobil biasa saja.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-04

“Awalnya Brio ini untuk harian tapi tenaga besar, sekaligus bisa untuk drag race,” ungkap Apre. Mesin bawaan telah diganti dengan L15A7 milik Honda Jazz, namun beberapa bagian internal mesin diganti agar kuat menerima boost dari turbo, contohnya piston Wiseco sekaligus menurunkan kompresi.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-05

Pemasangan mesin diakui tidak ada masalah, karena masih 1 keluarga dengan Brio DD1 yaitu L Series. “Yang sulit adalah memadukan ECU dari L12B ke L15A7, karena sensor dan cara kerjanya berbeda,” jelas Apre. Untuk turbo pilihannya jatuh kepada Garrett GT25 yang sudah berspesifikasi ball bearing.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-06

Penggunaan turbo harus disertai custom pada exhaust manifold, yang kali ini didesain sederhana untuk mengurangi gejala turbo lag, ditemani wastegate TiAL, serta pipa-pipa yang menyesuaikan engine bay pada Honda Brio, termasuk intercooler A’PEXi.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-07

Karena berkonsep harian, injektor bawan L15A7 masih digunakan untuk putaran mesin rendah. Namun saat nge-boost, kebutuhan bahan bakar ditunjang dari 2 unit injektor tambahan Fuel Injector Clinic berukuran 750 cc. Semuanya disesuaikan kembali melalui Dastek Unichip berikut turbo module.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-08

Tenaga besar harus didukung dengan traksi kuat. Makanya transmisi Brio DD1 ini dibekali limited slip differential 1.5 way agar tidak menyusahkan saat dikendarai. Traksi semakin kuat berkat kombinasi velg SSR 15 inci dibalut ban 205/50 bagian depan, membuat roda sedikit keluar dari fender.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-09

Sementara tampilan luar hanya sedikit sentuhan modifikasi, utamanya kap mesin, spoiler lip, dan fender diganti dengan bahan karbon yang membuat Brio tetap manis. Namun untuk interior justru bersih dari aura racing, seluruhnya masih lengkap seperti layaknya Honda Brio standar.

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-10

Apre menetapkan boost di angka maksimal 1,1 bar dengan meminum bahan bakar RON 95. “Bisa lebih, tapi terbentur intake manifold yang masih standar, takut pecah hehehe,” jujurnya. Tenaga Honda Brio Satya awalnya 88 HP menjadi 321,8 HP serta torsi menjulang ke 374,8 Nm. Wew…

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-11

Yes masih nyaman digunakan di jalan raya, pendingin udara berfungsi normal berikut power steering, dan pedal kopling tidak berat. Saat pedal gas diinjak sedalam-dalamnya, Honda Brio Satya ini langsung berakselerasi tanpa rasa dosa. Inilah mengapa kami memberi judul ‘More Fun To Drive’…

Honda-brio-satya-dd1-ap-speed-2015-12

Adhe’s Honda Brio Satya :
Honda L15A7 Engine w/ Transmission, Wiseco Pistons, K1 Technologies Connecting Rods, Cometic Head Gaskets, ARP Cylinder Head Studs, Garrett GT25 Turbo, TiAL Wastegate, Turbosmart Blow Off Valve, A’PEXi Intercooler, Custom Exhaust Manifold, Custom Turbo Piping, DeatschWerks Fuel Pump, Fuel Injector Clinic 750 cc Extra Injectors, Dastek Unichip Piggyback w/ Turbo Module, Carbonetic 1.5 Way Limited Slip Differential, Custom Clutch, SSR Type-C 15×7” Rims, Toyo R888 205/50 & 195/50 Tires, HKS Suspension, Custom Carbon Engine Hood, Custom Carbon Front Lip Spoiler, Custom Carbon Fenders.

Tuned by : AP Speed, Jakarta.

KOMENTAR