BMW X1 sDrive18i xLine in Short Review

BMW X1 sDrive18i xLine in Short Review

Baru saja BMW X1 diluncurkan di Indonesia tepatnya pada hari ini (11/5) oleh BMW Group Indonesia. Mobil ini merupakan generasi ke-2 dari BMW X1. Dalam peluncurannya, yang di-display adalah BMW X1 sDrive18i xLine.

BMW X1 sDrive18i xLine

Dari sisi eksterior, BMW X1 sDrive18i xLine tampil lebih galak dibandingkan sebelumnya. Tampangnya mirip seperti produk BMW lainnya sebagai jati diri dari pabrikan Jerman tersebut seperti headlight dan grille-nya. Headlight kini menggunakan LED, namun desainnya tetap mempertahankan ciri khas BMW.

BMW X1 sDrive18i xLine

Dimensinya pun berubah, rincinya 4.439 x 1.821 x 1.598 milimeter, yang mana tambah tinggi 53 milimeter. Desain bodi BMW X1 generasi ke-2 juga berubah jika dilihat dari sisi samping, dikatakan garis atapnya membentuk wedge. Apalagi adanya side skirt menambah mobil ini lebih ‘padat’.

BMW X1 sDrive18i xLine

Pindah ke sisi belakang, BMW X1 sDrive18i xLine tampil ‘cihuy’ dengan desain landainya pilar D ditambah adanya roof spoiler. Seperti produk BMW lainnya, mobil sport active vehicle (SAV) ini memiliki stoplamp berteknologi LED yang membentuk 2 huruf L.

BMW X1 sDrive18i xLine

Masih dari tampilan luar, BMW X1 sDrive18i xLine dibekali velg yang desain palangnya menyerupai huruf Y. Dijelaskan juga, mobil ini dibekali ban run-flat tyres, yang jika terjadi kebocoran ban, mobil masih bisa dikendarai dalam jarak tertentu. Selain itu untuk varian xLine dibekali panorama glass roof yang tentunya sudah diketahui fungsinya, selain juga menambah kelas dari mobil itu sendiri.

BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1 sDrive18i xLine

Masuk ke interior langsung disuguhi suasana mobil mewah dan nyaman. Sebut saja jok yang desainnya seperti semi bucket dilapisi kulit berwarna cokelat tua berikut doortrim-nya, serta adanya aksen fine-wood di beberapa bagian. Dashboard kini lebih luas, dengan warna yang mirip-mirip. Tentunya hal ini mata lebih ‘adem’ jika masuk ke BMW X1 sDrive18i xLine ini.

BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1 sDrive18i xLine

Sempat duduk di bagian pengemudi, posisi duduk kami rasakan agak tinggi. Wajar saja karena BMW X1 sDrive18i xLine sudah berganti generasi, dan merupakan ciri khas mobil SAV. Demikian juga jok belakang yang sandarannya diyakini tidak membuat badan pegal, serta legroom yang luas.

BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1 sDrive18i xLine

Untuk entertainment-nya, BMW X1 sDrive18i xLine sudah dibekali head unit berlayar 6,5 inci untuk memainkan musik melalui USB, AUX IN maupun Bluetooth (tidak ada slot CD). Speaker berjumlah 7 unit, yang di-drive oleh amplifier 205 watt. Pengoperasian bisa dilakukan melalui steering wheel yang memudahkan pengemudi. Selain itu juga terdapat sistem navigasi untuk mencegah tersesat di jalan.

BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1 sDrive18i xLine dibekali mesin 3 silinder 1.500 cc yang dilengkapi TwinPower Turbo (twin-scroll). Dijelaskan kombinasi tersebut menghasilkan tenaga 136 HP dan torsi 220 Nm yang sudah dirasakan sejak putaran mesin 1.250 RPM.

BMW X1 sDrive18i xLine

Dikoneksikan melalui transmisi 6-speed Steptronic ke roda depan, BMW X1 sDrive18i xLine bisa berakselerasi 0-100 km/jam cukup 9,7 detik. Dijelaskan juga konsumsi bahan bakar untuk 1 liter bisa menempuh jarak 18,9 kilometer.

BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1 sDrive18i xLine yang merupakan rakitan lokal di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara ini sudah bisa dipesan di dealer resmi BMW, yang harga jualnya adalah Rp 695 juta (off the road).

KOMENTAR