Asuka Car TV Ingin Percepat Siaran TV Digital

Asuka Car TV Ingin Percepat Siaran TV Digital

Asuka Car TV selaku produsen digital TV receiver untuk mobil, menggelar talk show pada Kamis (2 November) lalu di Jakarta. Bekerjasama dengan Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI), talk show ini mengangkat tema ‘Televisi Digital Indonesia, Terlambat atau Diperlambat?’.

Dalam press release-nya, talk show ini dilakukan untuk satu misi dari semua pihak untuk mendorong segera bermigrasi dari televisi analog ke digital. Pembahasan pertama adalah mengenai keterlambatan Indonesia mengenai pengembangan dan penyebaran televisi digital sampai di daerah.

Dijelaskan jika lebih dari 120 negara telah berhasil melakukan Analog Switch Off (ASO) sehingga di negara tersebut menjadi lebih maju di bidang teknologi pertelevisiannya. Pokok masalah ini sudah menjalani proses sampai sekitar 10 tahun dan tak kunjung hinggga saat ini.

Pembahasan lainnya adalah masih banyak yang belum mengetahui tentang siaran TV digital. Contohnya, Asuka Car TV sering mengadakan pameran resmi di berbagai kota, pengunjung masih menanyakan seputar perbedaan antara TV digital dan analog.

Tentunya hal ini terdapat keuntungan maupun kerugian oleh berbagai pihak, contohnya pelaku usaha dalam negeri. Erik Limanto selaku bos besar Asuka Indonesia juga berdiri mewakili pelaku usaha di Indonesia khususnya industri ini. Dampak menurun atau meningkatnya usaha bagi pelaku bisnis disini juga adalah pengaruh dari hasil keputusan hukum nantinya.

Pada akhirnya, talk show ini dilakukan dengan misi untuk mengedukasi dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya digital serta keuntungan dari migrasi pertelevisian ini, dan juga mendukung dan mendorong stasiun televisi lain untuk melakukan peralihan dan perluasan lingkup siaran hingga ke daerah-daerah di seluruh Indonesia, serta menggaungkan kebutuhan digitalisasi TV Indonesia yang sudah sangat mendesak, supaya mendapat perhatian khusus dari pemerintah maupun masyarakat.

KOMENTAR