Astra Dukung Pengembangan Mobil Ramah Lingkungan

Astra Dukung Pengembangan Mobil Ramah Lingkungan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto hadiri seminar tentang pengembangan mobil ramah lingkungan di Gedung BPPT Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh alumni Institut Teknologi Bandung angkatan 1978 dan PT Astra International Tbk turut menjadi salah satu pendukung acara.

Dalam sambutannya, Menko Luhut mengatakan bahwa mobil listrik menjadi tren pada masa depan, maka Indonesia harus bersiap menghadapi hal ini. “Kita harus dukung teknologi ramah lingkungan seperti ini, supaya tidak bergantung pada bahan bakar konvensional,” tuturnya.

Pada acara tersebut, Menteri Airlangga menyampakan besaran rencana pemerintah. “Target tahun 2030, 25% dari total produksi kendaraan roda empat sudah berupa low carbon emission vehicle (LCEV). Kerjasama dan penelitian sudah berjalan dengan berbagai perusahaan dan universitas. Kita harus optimistis,” ujarnya.

Sebagai dukungan Astra pada acara ini, melalui anak perusahaannya PT Astra Otoparts Tbk (AOP), menampilkan salah satu robot yang mendukung otomasi pabrik yang dikembangkan di salah satu divisinya, Winteq.

Winteq senantiasa mengembangkan bidang engineering, special purposed machinery, sistem integrasi dan otomasi pabrik. Target tahun 2025, AOP dapat menerapkan sistem smart factory, sebuah sistem yang menjalankan otomasi, konektivitas dan digitalisasi agar dapat menghasilkan produk berkualitas dengan lebih cepat dan lebih siap menghadapi perubahan.

KOMENTAR