Astra Daihatsu Motor Memiliki R&D Center Pertama Dan Terlengkap

Astra Daihatsu Motor Memiliki R&D Center Pertama Dan Terlengkap

Astra Daihatsu Motor menjadi perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas Pusat Penelitian dan Pengembangan, atau Research and Development Center (R&D Center) dibawah bimbingan Daihatsu Motor Company (DMC), Jepang.

R&D Center Daihatsu di Indonesia yang dibangun tahun 2011 ini merupakan wujud komitmen Daihatsu dalam memajukan industri otomotif Tanah Air, serta menyiapkan ADM sebagai product base Daihatsu di luar Jepang, sekaligus menjadi asset nasional.   Dengan visi We create the best product for the market, fasilitas ini juga melahirkan Astra Daihatsu Ayla yang didesain oleh anak bangsa sebagai kontribusi untuk Daihatsu dan bangsa Indonesia.

Fasilitas yang bertempat di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat ini memiliki fasilitas terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Building dan Engineering Building serta Test Course dengan 24 macam kondisi jalan di Indonesia, 4 tipe tanjakan, test banjir dan lumpur dengan luas area total sebesar 25 Hektare (Ha).

Pada fasilitas Design Building, dilakukan proses perancangan yang merujuk pada selera estetika pasar, mulai dari tahap sketsa sampai pembuatan bahan clay (tanah liat) dengan skala 1 : 1. Setelah dilakukan scan secara digital, proses tersebut berpindah ke Engineering Building. Di sini, gambar komponen dibuat dengan mempertimbangkan aspek kekuatan, aspek biaya dan produksi serta aspek terkait lainnya.

Selanjutnya pada fasilitas Test Course, merupakan fasilitas yang melakukan validasi bahwa desain komponen atau kendaraan yang dihasilkan memenuhi standar kualitas Daihatsu. Semua dibangun demi memastikan bahwa desain mobil yang dibuat adalah mobil terbaik yang sesuai dengan permintaan masyarakat Indonesia.

“Dengan pendampingan dari DMC, R&D Center Daihatsu di Indonesia akan terus melakukan pengembangan kompetensi kepada putera-puteri bangsa agar kelak memiliki kemampuan rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global. Kami berharap, R&D Center akan menghasilkan model-model Daihatsu yang dapat memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor,” ujar Pradipto Sugondo, Executive Officer Research & Development (R&D) ADM.

KOMENTAR