ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic

Toyota Corolla 1.8 SEG (AE112) : The Unique Combination

Toyota Corolla 1.8 SEG (AE112) : The Unique Combination

Kombinasi disini bukan maksudnya campuran aliran modifikasi elegant, racing, audio, dan lainnya. Melainkan menyematkan beragam perangkat OEM yang beredar di berbagai negara, seperti dilakukan oleh Yuddi Wahyono pada Toyota Corolla 1.8 SEG-nya.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Memang sedikit aneh, biasanya orang hanya menyematkan 1 negara saja, seperti JDM atau EUDM atau UKDM dan sebagainya. Namun hal ini juga memiliki alasan yang kuat bagi Yuddi pada Corolla yang berkode bodi AE112 ini. “Supaya kelihatan unik, dan tidak terlalu monoton,” ungkap pria berdomisili di Jakarta Timur ini.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Ya kami pun setuju saja dengan alasan tersebut, selama Toyota Corolla generasi ke-8 ini masih sedap dipandang. Apalagi untuk mendapatkan perangkat OEM yang tidak beredar di Indonesia tidaklah seperti membalikan telapak tangan, yang mana belum tentu orang yang punya dana bisa mendapatkanya dengan mudah.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

“Gue beli Corolla ini tahun 2007. Sejak itu mulai hunting perangkat OEM-nya, tapi gue gak targetin dengan waktu tertentu, santai-santai saja. Contohnya kalau ada perangkat OEM tapi kondisinya mint, ya gue beli, tapi kalau tidak ya tunda saja dulu,” jelasnya.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Mulai sektor eksterior terdapat grill maupun foglamp milik Corolla versi GT, diikuti side skirt-nya. Uniknya front lip justru pakai dari saudaranya, Carina GT. “Gue lebih suka bentuknya. Pemasangannya sedikit di-custom,” bilang Yuddi. Pindah ke bagian belakang dimana stoplamp-nya memakai bawaan Toyota Seca Conquest, yang merupakan Corolla liftback untuk Australia.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Sepertinya hambar jika bagian kaki-kaki tidak diganti. Kali ini, Yuddi memilih velg Desmond Regamaster Marquis Promada. “Pakai velg ini karena dimensinya cukup langka,” bilangnya. Makin cihuy karena Corolla keluaran 1999 ini dibuat lebih pendek dengan penggunaan suspensi coilover lansiran Kido.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Perangkat OEM masih tetap menghiasi bagian interior. Diawali dengan instrument cluster yang kali ini dipasang dari Corolla yang beredar di Inggris. “Disini lagi uniknya, karena satuan kecepatannya MPH,” jelasnya. Kemudian setir versi GT maupun shiftknob dari Toyota MR2 justru beraura sport, yaitu adanya jahitan merah.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Cukup? Belum donk… Lihat saja head unit-nya dipasang double din dengan cukup mengganti konsolnya yang bawaannya hanya bisa single din. Kemudian ventilasi AC menggunakan Corolla dari Inggris, yang bisa ditutup. Selain itu, jok juga dirubah memakai Recaro Mobility untuk bagian depan.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

“Kayaknya udah gak ada lagi yang bisa ditambahin ke Corolla ini. Andaikan ada, ya seperti mesin kalau versi luar kan pakai 4A-GE. Tapi kalau mesin, kayaknya engga deh, males kalau nginep lama,” tutup Yuddi.

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Toyota Corolla 1.8 SEG AE112

Yuddi’s Toyota Corolla 1.8 SEG :
Carina GT Front Lip, Corolla GT Front Grille, Corolla GT Fog Lamp, Corolla GT Side Skirts, Retracable Mirror, C*** Pillar Emblems, Conquest Stop Lamp, Corolla SE Saloon RIVIERE Emblem, UKDM Corolla AC Vents, UKDM Corolla Instrument Cluster, Corolla GT Retrac & Foglamp Switch, Corolla GT Red Stitched Steering Wheel, Corolla GT Red Stitched Gear Boot, Toyota MR2 Red Stitched Shiftknob, Recaro Mobility Front Seats, High Arm Rest, Desmond Regamaster Marquis Promada 17x(8+9)” PCD 5×114.3 Rims, Toyo DRB 205/40 Tires, KIDO Coilover Suspension, TRD Strutbar, TRD Spark Plug Wires, Cusco OCT, Fujitsubo FGK Muffler, Alpine Head Unit, Dyn Audio Speaker, Rockford Fosgate Subwoofer, Rockford Fosgate Power Amp, Audison Power Amp.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis