ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic

Toyota Corolla (AE101) : European Minded

Toyota Corolla (AE101) : European Minded

Sudah banyak orang memodifikasi mobilnya dengan menyematkan aksesoris yang hanya beredar di negara tertentu. Karena selain lebih prestis, untuk mendapatkan aksesoris tersebut tidaklah gampang, dan merupakan kepuasan tersendiri.

Toyota Corolla AE101

Namun jika banyak orang mengacu ke JDM untuk mobil Jepang, Masagung Nugroho justru memilih EUDM untuk Toyota Corolla-nya. Tentunya doi tidak asal menerapkan saja, melainkan memiliki alasan tersendiri.

Toyota Corolla AE101

“Barang-barang Euro itu lebih elegant,” kata cowok berusia 31 tahun ini. Kami pun setuju, contoh saja mobil-mobil kelahiran Eropa didominasi tampilan mewah. Beragam aksesoris EUDM telah disematkan ke Corolla AE101-nya.

Toyota Corolla AE101

Mulai dari bagian depan, terpasang bemper Corolla FX yang aslinya adalah model hatchback. Perbedaannya cukup mencolok, terutama grill, ventilasi, dan foglamp bundarnya. “Bentuk foglamp-nya menurut gue lebih elegant,” ungkapnya. Tidak hanya itu, side lamp pun diganti spek EUDM, yang mika keseluruhannya polos.

Toyota Corolla AE101

Bagian belakang ‘Great Corolla’-nya juga dibekali barang-barang EUDM, yaitu garnish dan bemper-nya. Otomatis pun posisi plat nomer juga berubah. “Karena di Eropa sering salju, plat nomernya lebih kelihatan di garnish. Selain itu juga ada rear foglamp yang memang standarisasi Eropa. Disini sih berfungsi juga kalau lagi hujan lebat,” katanya.

Toyota Corolla AE101

Namun untuk ‘sepatu’-nya, Masagung cukup memilih roda 14 inci. “Biar nyaman saja, bawa jalan-jalan keluarga juga enak. Sudah pernah ngerasain pakai 15 atau 16 inci dan pakai per pendek, tapi jalanan Jakarta kan begitu,” ungkap pria berprofesi sebagai IP Consultant ini. Meski 14 inci, velg yang dipakai di Toyota Corolla-nya adalah Enkei IRS. You know kan velg ini?

Toyota Corolla AE101

Kesan Eropa masih terasa di interiornya. Sebut saja setir dan shitknob dari Corolla FX, armrest extender, hingga burger tray. “Armrest-nya memang tinggi, tapi nyaman untuk postur tubuh diatas 180 cm. Armrest itu juga ada cup holder didalamnya dan laci,” tutur Masagung.

Toyota Corolla AE101

Uniknya, jok yang terpasang di Corolla-nya adalah bawaan Toyota Sprinter Marino, yang merupakan mobil hanya beredar di Jepang. “Jadi dulu sudah cari jok bawaan Corolla FX, tapi susah banget barangnya. Sekalipun ada, kondisinya tidak layak. Jadi pakai jok Sprinter Marino ini, dan modelnya semi bucket, jadi lebih enak juga,” ucap pria sudah berkeluarga ini.

Toyota Corolla AE101

Pindah ke mesin tetap menggunakan 4A-FE bawaan Toyota Corolla. Sudah di-porting polish pada kepala silinder, namun kapasitas mesin juga terpaksa ditingkatkan karena mengharuskan oversize piston 50, yang dampaknya mesin lebih bertenaga.

Toyota Corolla AE101

Sudah lengkap? “Yang saya mau banget hanya 1, yaitu instrument cluster dari Corolla FX. Selain itu, tidak ada,” tutupnya.

Toyota Corolla AE101

Masagung Nugroho’s Toyota Corolla :
OEM AE101 Corolla FX Front Bumper, OEM AE101 Corolla EUDM Side Lamps, OEM AE101 Corolla EUDM Rear Bumper, OEM AE101 Corolla EUDM Garnish, OEM AE101 Corolla EUDM Rear Lamps, OEM AE101 Corolla FX Steering Wheel, OEM AE101 Corolla FX Shift Knob, OEM AE101 Corolla Air Purifier, OEM AE101 Sprinter Marino Front Seats, OEM Armrest Extender, OEM Burger Tray, OEM AE101 Strutbar, Enkei IRS 14×6” Wheels, Bridgestone Turanza 185/60 Tires.

Workshop : Neoprima-Jatibening (Body), Bumi Perkasa-Cipete (Engine).

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis