Toyota Bersama Mazda Buka Pabrik Baru Di Alabama

Toyota Bersama Mazda Buka Pabrik Baru Di Alabama

Toyota bersama Mazda secara resmi mengumumkan untuk membuka pabrik baru yang berlokasi di Huntsville, Alabama. Pabrik baru ini nantinya akan memproduksi mobil seperti Toyota Corolla dan mobil crossover dari Mazda.

Dijelaskan jika investasi yang dikeluarkan untuk membuat pabrik Toyota dan Mazda ini adalah sebesar 1,6 milyar USD (sekitar Rp 20 triliun). Pabrik ini mampu memproduksi mobil hingga 300.000 unit per tahunnya, dan siap memperkerjakan 4.000 orang tenaga kerja.

Rencananya pembuatan pabrik baru ini akan rampung dan mulai beroperasi pada tahun 2021 mendatang. Lokasi baru ini berjarak 14 mil (22 km) dari Toyota Motor Manufacturing Alabama, yang saat ini memproduksi Toyota Camry, Highlander, dan Tundra.

“Investasi kami terhadap pabrik baru bersama Mazda ini akan membuat kesuksesan kami di Alabama, yang mana tempat kami memproduksi mesin untuk pasar Amerika Utara,” kata Akio Toyoda, Presiden Toyota.

“Mazda membuat mobil dengan visi yang jelas untuk menginspirasikan orang, berkontribusi kepada masyarakat, dan membantu melestarikan alam. Kami harap pabrik baru di Alabama ini bisa mendapat tempat yang istimewa di hati para karyawan kami dan masyarakat setempat,” kata Masamichi Kogai, CEO Mazda.

KOMENTAR