Toyota 86 Engine Swap Pakai Mesin V10 5.0L Untuk Time Attack

Toyota 86 Engine Swap Pakai Mesin V10 5.0L Untuk Time Attack

Sebenarnya insinyur dari pabrikan telah mendesain secara matang suatu mobil, seperti mobil sport Toyota 86 yang cukup dibekali mesin boxer 2.000 cc. Namun untuk sebagian orang merasa kurang puas, makanya ritual engine swap dilakukan agar mendapatkan performa yang lebih baik lagi.

Seperti dilansir dari carscoops, Toyota 86 di Australia ini melengserkan mesin bawaannya dan digantikan dengan mesin V10 berkapasitas 5.0L berkode S85 yang berasal dari BMW M5. Dikomandoi oleh Zoom Garage, Toyota 86 ini digunakan untuk ajang balap World Time Attack Challenge di Sydney.

Mesin 10 silinder konfigurasi V tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 500 HP diikuti torsi sebesar 520 Nm. Angka-angka tersebut tentunya jauh lebih besar ketimbang mesin bawaan Toyota 86 mengingat jumlah silinder maupun kapasitas mesinnya.

Dijelaskan jika penggunaan mesin V10 ini ternyata hanya berbeda sedikit dengan mesin bawaan Toyota 86 untuk masalah bobot. Karena sudah menggunakan perangkat yang ringan, total keseluruhan bobot mesin hanya berbeda 10 kilogram dibandingkan bawaannya.

Namun untuk masalah transmisi, ternyata bukan menggunakan transmisi BMW M5 E60, yang mana workshop tersebut justru memilih dari BMW M3 E92. Tidak dijelaskan alasannya, namun penggunaan transmisi tersebut justru mengharuskan beberapa langkah custom.

KLIK DISINI UNTUK VIDEO-nya.

KOMENTAR