Suzuki Ertiga : Low Budget Mission

Suzuki Ertiga : Low Budget Mission

Pepatah ‘duit berbicara’ mungkin tidak selamanya berlaku, dalam hal ini tidak harus mengeluarkan uang banyak agar bisa menang dalam suatu kontes audio. Kami cukup kaget ketika mengetahui budget pada audio system di Suzuki Ertiga milik Ayang Banderas ini tergolong rendah, namun mampu membawa piala kemenangan di kontes audio.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Tentu saja bajett yang dihitung untuk menentukan kelas di kontes audio yaitu head unit, processor, speaker, subwoofer, dan power amplifier. “Awalnya, Banderas tidak mau ikut kontes, karena kami pakai barang dengan budget minim. Tapi setelah jadi, kami dengar, kok suaranya oke untuk ikut kontes,” buka Tony dari S/A/S Audio selaku installer sistem audio pada Suzuki Ertiga ini.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Sumber suara pun harus diperbaiki, mau tidak mau head unit bawaan suzy Ertiga kudu dipensiunkan, digantikan dengan head unit Kenwood berjenis 2-din. Bajett rendah memang cukup terlihat pada pengeras suara bagian depan yang cukup menggunakan formasi 2 arah alias speaker 2 way.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Namun yang dipilih untuk speaker 2 way tersebut adalah Reverb Acoustic berjenis fullrange. Seperti diketahui, fullrange mampu mengeluarkan suara dengan rentang frekuensi yang cukup lebar. Fullrange itu sendiri diposisikan di pillar A pada Suzuki Ertiga dengan sudut on axis.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

“Kami buat on axis, tidak apa-apa hanya pengemudi saja yang bisa menikmati suara. Kontes audio itu, saat penilaian, jurinya duduk di posisi pengemudi kan?” kata Tony. Lalu midbass masih diposisikan di dalam doortrim Suzuki Ertiga yang tergabung di Ertiga Club Indonesia (ERCI) ini. “Masih posisi original-nya, karena maunya posisi seperti itu tapi suara bisa maksimal,” jelasnya lagi.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Suara frekuensi rendah didukung dari SB Acoustic berukuran 10 inci yang diletakan di bagasi bersama kosmetik sederhana. “Saya menyarankan pakai 12 inci, tapi berhubung Banderas inginya tidak mau memakan terlalu banyak tempat, pilihan jatuh kepada 10 inci. Karena 12 inci boksnya besar sekali. Tapi 10 inci ini suaranya nyambung kok,” jujur Tony.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Seluruh pengeras suara tersebut ‘dikendarai’ dari power amplifier, terdiri dari Vox 4 channel untuk speaker, dan power jenis monoblock untuk subwoofer. Last but not least, Tony juga menambahkan processor dari Vox untuk memudahkan setting suara mengenai equalizer, time alignment, crossover, bla bla bla. Baik power maupun processor diposisikan di bawah jok depan Suzuki Ertiga ini.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Dijelaskan oleh Tony jika budget perangkat audio di Suzuki Ertiga ini sekitar Rp 20 juta. “Pertama ikut kontes i-CAN di kelas 25 Juta dan 50 Juta. Kelas 25 Juta juara 1, dan kelas 50 Juta juara 3. Nah Banderas penasaran nih ceritanya, akhirnya di-fine tune lagi. Saat IIMS kemarin ikut kontes i-CAN kelas 50 Juta akhirnya juara 1,” ceritanya.

Suzuki Ertiga Sound Quality Audio SQ

Oh yes, sudah 3 piala tentunya tidak membuat Tony maupun Banderas puas begitu saja. “Ikut kontes lagi itu pasti. Masih banyak yang bisa dikembangkan lagi, contohnya Ertiga ini peredamnya masih di pintu saja,” tutup Tony.

Audio spec :
Kenwood DDX-7017 Head Unit, Reverb Acoustic F52 Speaker, SB Acoustic 10” Subwoofer, Vox Tube 80.4-AB Power Amplifier, Monoblock Power Amplifier, Vox Pro 8 Processor, Flux 4 AWG Power Cable, Flux Speaker Cable, Flux RCA Cable.

Tuned by : S/A/S Audio.

KOMENTAR