Suzuki Baleno (SY415) : Research For The Best

Suzuki Baleno (SY415) : Research For The Best

Biasanya penggila drag race memilih merek mobil yang sudah umum seperti Honda, Mitsubishi, maupun Toyota. Alasannya? You know lha ya… Bagi duet Jalu dan Mona dari tim BJB-Barracuda justru memilih Suzuki Baleno, yang mana mobil model ini jarang terlihat di arena balap.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

“Sesuai moto Suzuki dulunya yaitu inovasi tiada henti, nah kami ingin berbeda dengan yang lain. Kalau pakai Suzuki Baleno, tentunya harus membutuhkan banyak riset supaya kencang. Hal-hal ini yang bikin seru juga,” ungkap Jalu.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

Mesin bawaan Suzuki Baleno berkapasitas 1.5L dilengserkan, diganti dengan mesin Baleno model sebelumnya berkapasitas 1.6L, dikombinasikan dengan kepala silinder G13B dari Suzuki Cultus. “Sebelumnya pake cylinder head bawaan, tapi performanya sudah mentok. Nah, kami mau naik level,” katanya.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

Pemasangan kepala silinder dengan kem ganda alias DOHC ke blok mesin diakui cukup mudah, karena jenis mesinnya masih 1 keluarga, yaitu G Series. Uniknya, internal mesin masih dibiarkan standar, tanpa komponen resing. “Sebenarnya kami mau lihat kemampuannya sampai dimana, ini piston dan setangnya masih bawaan. Kompresi ditingkatkan dari papas cylinder head,” jujurnya.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

Hal unik lainnya, sistem injeksi pada Suzuki Baleno ini digantikan dengan karburator namun berjenis 4 barrel dari Weber, yang dihubungkan melalui intake Suzuki Sport. “Karena kami ingin coba dengan anggaran minim tapi hasilnya bisa maksimal. Selain itu juga cukup mudah dalam memodifikasinya,” kata Jalu.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

Tenaga diakui belum diketahui, karena selama ini tidak pernah melakukan sesi dyno untuk mengukur output mesinnya. Dari mesin dihubungkan ke transmisi dengan rasio custom, kemudian ke roda depan yang menggunakan ban slick.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

Mendukung performanya, Suzuki Baleno ini melakukan diet ketat untuk mengurangi bobot. Beberapa bagian body sudah diganti dengan bahan fiberglass, kemudian kaca diganti dengan bahan polycarbonate, interior yang ‘ditelanjangi’ dan lainnya.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

“Sebenarnya Suzuki Baleno ini masih bisa dibilang berat, karena bagian-bagian lainnya masih standar, seperti dek bawah juga belum dikurangi, apalagi kaki-kakinya kan besi. Tapi dengan pergantian tersebut, kurang lebih bisa berkurang 200 kilogram,” bilangnya.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

Perdana mengikuti ajang drag race di Sentul pada akhir minggu lalu (10-11 Februari 2018) dengan menggunakan kepala silinder G13B, Suzuki Baleno ini meraih best time 14,7 detik. “Kalau dirasakan, peningkatan tenaga dari SOHC ke DOHC cukup signifikan,” kata Jalu.

Suzuki Baleno SY415 Drag Race G16B G13B

Namun, riset pun masih terus dijalankan untuk meraih yang terbaik. “Kemarin pakai ban slick, start agak susah, jadi next time mau ganti lagi. Kemudian ruang untuk riset juga masih sangat luas, karena internal mesin kan masih standar,” tutup Jalu.

Spec :
G16B Engine Block, G13B Cylinder Head, Custom Camshaft by Tighe Cams, Suzuki Sport Intake, Weber 50 4-barrel Carburetor, MSD 6AL Ignition Coil, Custom 4-1 Header, K&N Open Air Filter, Custom Ratio Transmission, ACT Clutch, Tom’s 13” Front Rims w/ Hoosier Slick Tires, Weld 15” Rims w/ Achilles Tires, Custom Suspension, Custom Fiberglass Doors, Custom Fiberglass Engine Hood & Trunk, Polycarbonate Windows, Custom Aluminium Dashboard, Custom Seamless 6-point Roll Bar, Innovate AFR Gauge, Autometer RPM & Oil Pressure Gauges.

KOMENTAR