Shell Perkenalkan Mobil Konsep Ultra-Efisien Dan Hemat Energi

Shell Perkenalkan Mobil Konsep Ultra-Efisien Dan Hemat Energi

Shell memperkenalkan mobil konsep city car berkapasitas 3 penumpang pada Jumat (22/4) lalu. Mobil ini merupakan bukti nyata yang menunjukkan bagaimana efisiensi energi dapat ditingkatkan dengan cara memanfaatkan teknologi mutakhir yang ada saat ini melalui proses ‘co-engineering’.

Dilansir di rilis resminya, hasil pengujian mobil konsep Shell ini mampu menghemat energi primer sebesar 34% dibandingkan dengan mobil city car yang ada di Inggris. Mobil konsep Shell hanya memerlukan sekitar 50% dari energi untuk memproduksi dan mengoperasikan mobil keluarga kecil di Inggris, 31% dari energi yang dibutuhkan kendaraan SUV di Inggris.

Mobil konsep Shell ini merupakan hasil perombakan total dari rancangan mobil Gordon Murray T.25 produksi tahun 2010 yang pada saat itu menggunakan oli prototipe produksi Shell untuk meningkatkan efisiensi energinya.

Mobil baru ini merupakan hasil kolaborasi co-engineering antara para perancang kendaraan, mesin, dan pelumas, yang merancang khusus ketiga elemen kendaraan tersebut agar dapat bekerja optimal bersama-sama.

Shell Concept Car

Dalam pembuatan mobil ini, pendekatan holistik diterapkan untuk mengurangi energi dengan berfokus pada pemilihan bahan desain, perampingan kapasitas mesin secara besar-besaran sehingga energi yang dibutuhkan lebih sedikit, dan proses penghantaran energi yang lebih sederhana dan efisien.

Konsumsi bahan bakar mobil ini telah diukur, hasilnya antara lain menunjukkan tingkat konsumsi bahan bakar pada steady state 107 mil/galon [2,64 liter/100km] [38km/liter] [89,1 mil/galon AS] di kecepatan 70km/jam dan penurunan emisi sebesar 4,67g CO2/km berdasarkan New European Driving Cycle (NEDC).

“Proyek ini membuktikan bahwa jika kita menggunakan teknologi masa kini dengan sebaik-baiknya, kita mampu menghasilkan dampak yang signifikan terhadap penggunaan energi sekaligus mengurangi emisi CO2,” ungkap  Mark Gainsborough, Executive Vice President – Shell’s Global Lubricants Businesses.

Dari tampilan, mobil konsep Shell berdesain ‘tinggi dan ramping’ dengan posisi jok pengemudi di tengah dan 2 jok penumpang di belakang. Desain ini menghasilkan pengaturan tempat duduk yang sangat unik sehingga bisa memuat tiga orang walaupun tampak mungil dari luar, dan radius perputaran arahnya pun menjadi lebih kecil.

Shell Concept Car

“Mobil kami mungkin berukuran kecil, namun memiliki potensi sangat besar. Kami ingin mempercepat kemajuan diskusi tentang bagaimana kita bisa membuat kendaraan jalan raya lebih hemat energi dan rendah karbon,” kata Dr. Andrew Hepher, Vice President, Shell’s Lubricants Research Team.

KOMENTAR