Review Singkat All New Mazda CX-9

Review Singkat All New Mazda CX-9

Perayaan 1 tahun PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) pada hari ini (2 Februari 2018) menjadi spesial karena sekaligus meluncurkan mobil Mid-Size SUV terbarunya yaitu All New Mazda CX-9. Tentunya hal ini membawa warna baru bagi segmen SUV yang terus diminati oleh konsumennya.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Mazda CX-9 yang diluncurkan ini merupakan generasi ke-2. Pada tahun 2009 lalu, Mazda CX-9 generasi pertama sudah dipasarkan di Indonesia terlebih dahulu. Meskipun berganti generasi, Mazda CX-9 terbaru tetap mempertahankan ciri khas Mazda.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Adalah Kodo – Soul of Motion yang tetap diterapkan pada Mazda CX-9, terlihat dari bagian depan pada grill dan lampunya. Namun layaknya mobil mewah, bagian grill terdapat lapisan krom yang tebal berikut pada bagian bawah bempernya.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Desain ciri khas Mazda terus diterapkan di bodi samping, yang mana terdapat garis horizontal dari depan hingga ke belakang. Untuk memperkuat sosok SUV-nya, All New Mazda CX-9 dibekali roda yang besar, perpaduan velg 20 inci dengan desain khas Mazda, dilapisi ban profil 255/50. Lagi-lagi bagian bawah pintu samping dikombinasikan lis krom.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Kemudian pada bagian belakang, seperti pada produk Mazda lainnya, All New CX-9 dibekali stoplight berdesain bulat. Sebagai pemanisnya, bagian buritan ini disematkan garninsh krom yang seolah menghubungkan antara kedua lampu rem, diikuti bagian bemper, serta spoiler yang berdesain minimalis.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Masuk ke dalam interior, Mazda CX-9 memiliki kabin yang berdesain cukup mewah. Dashboard dan doortrim berwarna hitam dengan bahan kombinasi kulit. Kemudian beberapa bagian pada panel ini juga dikombinasikan dengan aksen silver.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Di bagian depan, tersedia jok dengan seperti model semi bucket yang sudah dilapis kulit, tentunya membuat berkendara lebih nyaman. Sisi ergonomis pun dikedepankan pada bagian ini, seperti banyaknya tombol pengaturan tepat di belakang tuas transmisi, serta pada bagian lingkar kemudi.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Kemudian bagian tengah, joknya juga sudah dilapis kulit, serta adanya armrest, dan adanya pengaturan AC. Sementara pada jok bagian belakang disarankan hanya ditumpangi 2 orang saja. Untuk akses ke bagian ini, diklaim cukup mudah, dengan cara menarik tuas di jok tengah untuk menggeser posisi jok. Sementara jok paling belakang tetap bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Untuk bagian entertainment, Mazda CX-9 dibekali MZD Connect dengan layar sentuh 8 inci, serta sound system dari BOSE dengan 12-speaker (banyak amat). Selain itu, All-New Mazda CX-9 menjadi model pertama Mazda yang memiliki full-colour Active Driving Display (ADD) yang diproyeksikan ke kaca depan.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Mesin yang digunakan All New Mazda CX-9 adalah 4 silinder berkapasitas 2.5L Skyactiv-G lengkap dengan turbo. Mesin ini menghasilkan tenaga 228 HP dan torsi 420 Nm, disalurkan ke roda depan (front-wheel drive) melalui transmisi otomatis 6-speed Skyactiv Drive.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Teknologi lainnya adalah Skyactiv-Body dan Skyactiv-Chassis yang membuat bobot All New Mazda CX-9 menjadi lebih ringan dibandingkan generasi sebelumnya, namun tetap kokoh. Bobot ringan tentu membuat performa lebih baik. Meskipun tidak dirilis performanya, namun konsumsi bahan bakarnya diklaim cukup efisien yaitu 9,3L / 100 km.

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Fitur-fitur lain di Mazda CX-9 terbaru ini adalah i-ACTIVSENSE 9 yaitu Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R), Driver Attention Alert (DAA), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), dan Antilock Brake System (ABS).

All New Mazda CX-9 2018 Indonesia

Mazda CX-9 generasi 2 ini sudah bisa dipesan di dealer resmi Mazda, dengan 4 pilihan warna yaitu merah, abu-abu, putih, dan hitam. Harganya adalah Rp 798,8 juta on-the-road Jakarta, dengan tambahan Rp 4 juta untuk warna merah dan abu-abu.

KOMENTAR