Nissan Silvia Spec-R (S15) : The Next Ammunition

Nissan Silvia Spec-R (S15) : The Next Ammunition

Mimo sebelumnya mengandalkan Nissan Cefiro untuk balap mulai drag racing, drifting, hingga touring. Namun seperti biasanya, manusia tidak pernah puas akan hasil yang didapat.

Nissan Silvia Spec-R S15

Atas dasar hal ini, Mimo sedang menyiapkan senjata baru utamanya untuk balap touring, yaitu Nissan Silvia Spec-R. “Pakai Cefiro, best lap-nya sudah 1:48 di Sirkuit Sentul, dan waktu optimalnya 1:47. Silvia ini diharapkan bisa lebih dari itu waktunya,” jelas pria bernama Wahyu Kumoro ini.

Nissan Silvia Spec-R S15

Sebenarnya 1:48 sudah termasuk cepat untuk sekelas mobil balap touring. Kendala terbesar di Cefiro adalah bobotnya, wajar saja karena mobil tersebut berjenis mid-size sedan. “Walaupun sudah weight reduction, tapi bobotnya masih mirip dengan Silvia,” bilang Mimo yang tergabung di Haji Tjandra Racing Team (HTJRT) ini.

Nissan Silvia Spec-R S15

Berbeda hal dengan Nissan Silvia yang dilahirkan sebagai sports car. “Pastinya Silvia lebih superior, di tikungan juga lebih enak, dan bisa mempersingkat waktu,” tegasnya. Saat peliputan, Silvia S15-nya memang belum ‘diacak-acak’ secara ekstrim.

Nissan Silvia Spec-R S15

Satu set body kit lansiran URAS telah disematkan di Silvia lansiran tahun 2002-nya, yang seketika membuat tampilan lebih ciamik. Kemudian jika belakangnya terdapat spoiler, justru Mimo memilih untuk mensematkan ducktail agar lebih manis.

Nissan Silvia Spec-R S15

Berlanjut ke bagian kaki-kaki, Mimo sudah mengubahnya dengan ke race purpose. Sebut saja velg Advan RS 18 inci dengan lebarnya 10 inci dan offset 20. Memang roda menjadi keluar dari fender, namun dipercaya menambah traksi.

Nissan Silvia Spec-R S15

Selain itu, kaki-kaki diperkuat dengan dipasangkannya adjustable arms dan suspension system dari Driftworks. Tidak lupa juga sistem pengereman di-upgrade memakai AP Racing di depan, dan standarnya Nissan Skyline GT-R untuk rem belakang.

Nissan Silvia Spec-R S15

Nissan Silvia Spec-R sudah disematkan mesin SR20DET yang memberikan output 200 HP, dikoneksikan ke transmisi 6-speed manual. “Mesin 2.000 cc juga sudah cukup,” ucap Mimo. Namun tetap menjadi perhatian untuk meningkatkan tenaga, contohnya memakai kem dari HKS berdurasi lebih tinggi.

Nissan Silvia Spec-R S15

Turbo bawaan Silvia juga diganti dengan Garrett GT28 untuk memberikan boost pressure yang lebih besar. Transmisi 6-speed tetap dipertahankan, hanya saja ditambahkan fitur LSD, serta kopling Ogura. “ECU-nya saja yang masih bawaan, jadi kadang brebet mesinnya. Kedepannya bakal ganti ECU,” ungkapnya.

Nissan Silvia Spec-R S15

Interior Nissan Silvia-nya saat kami melakukan peliputan juga masih terpasang semua, sebut saja dashboard, doortrim, jok dan lain-lainnya. Bahkan kami sempat dipersilahkan naik di mobilnya, yang mana masih bisa merasakan sejuknya pendingin udara.

Nissan Silvia Spec-R S15

“Interior memang rencananya akan dicopot semua dan disimpan rapih supaya tidak rusak, termasuk kaca diganti dengan bahan yang lebih enteng. Gantinya sudah pasti roll bar, jok bucket, dan sebagainya,” tutur Mimo.

Nissan Silvia Spec-R S15

Demikian juga bodi Nissan Silvia yang akan menjadi fokus utama berikutnya. “Sudah coba ganti body kit termasuk fender yang lebih lebar. Roda bisa masuk ke dalam, ground clearance lebih pendek, otomatis lebih stabil. Tapi harus potong sasis, ini makanya masih cari body kit yang lain,” tutup Mimo yang akan mengikuti balap drifting King of Asia di Malaysia akhir Februari ini.

Nissan Silvia Spec-R S15

Nissan Silvia Spec-R S15

Nissan Silvia Spec-R S15

Mimo’s Nissan Silvia Spec-R :
HKS 264 Camshaft, TOMEI Rocker Arm Stopper, APEX’i Head Gasket, Garrett GT2860RS ‘Disco Potato’ Turbo, Autobahn Turbo Manifold, HKS SSQV BOV, GReddy Piping System & Intercooler, Blitz Muffler, APEX’i Air Filter, Autobahn Oil Cooler, Koyorad Radiator, Ogura Hyper Single Clutch System, TOMEI LSD, URAS Body Kit & Ducktail, Sonar Tail Lights, Advan RS 18×10” et20 Wheels, Achilles 123S 265/35R18 Tires, AP Racing Pro 5000+ Front Brake System, OEM Nissan Skyline GT-R Rear Brake System, HSD Coilover Suspension, Cusco Tower Bars, Driftworks Geomaster Arms & Suspension System, IKEYA FORMULA Tierod & Long Tierod, BRIDE Upholstery, Nardi Torino Steering Wheel, Drift Button.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis