Modifikasi Subaru Impreza WRX STI : Fokus Di Mesin, Bukan Tampilan

Modifikasi Subaru Impreza WRX STI : Fokus Di Mesin, Bukan Tampilan

Jakarta, BosMobil.com – Setiap orang pastinya mempunyai fokus pada modifikasi mobilnya, seperti yang dilakukan Oka Doni pada Subaru Impreza WRX STI berkelir hitam miliknya. Namun kali ini berbeda dengan lainnya yang sebagian besar mementingkan tampilan, yang sudah pasti tujuannya dilirik oleh banyak orang.

Oka yang masih mengemban ilmu di salah satu perguruan tinggi ini tidak mementingkan penampilan, melainkan tenaga yang dihasilkan dari mesin itu sendiri. Oh Yes, meskipun Subaru Impreza WRX STI dari pabrikan sudah dipersenjatai mesin yang mumpuni, tetap saja Oka memfokuskan modifikasinya kepada boxer engine tersebut.

Subaru Impreza WRX STI

“Dari awal memang gue fokusnya ke mesin, dengan tampilan standar. Jadi misalnya lagi ikutan drag race, orang mengira kalau mobil gua standar, tapi sebenarnya sudah dimodif utamanya di mesin,” buka Oka. Makanya bagian eksterior sama sekali tidak ada yang berubah, walaupun sejujurnya eksterior standar sudah garang. Bahkan velg pun masih menggunakan bawaan Subaru Impreza WRX STI.

Subaru Impreza WRX STI

Mobil sport 4 pintu lansiran Jepang ini sebenarnya dibekali mesin berjenis boxer dengan kapasitas 2.500 cc. Termasuk besar untuk mobil berbobot sekitar 1.400 kg, apalagi dilengkapi turbo yang mampu mem-produce tenaga dan torsi menjanjikan. Belum lagi transmisi 6-speed manual yang dipilih oleh Oka, dan sistem penggerak all-wheel drive (AWD) yang semakin mempertegas performance-nya.

Subaru Impreza WRX STI

Dalam menu upgrade pada mesin Subaru Impreza WRX STI miliknya, modifikasi yang dilakukan masih dalam tahap ringan. Seperti misalnya ubahan exhaust system dari HKS yang dilanjutkan ke knalpot Fujitsubo, intake dan blow off valve HKS. Turbo beserta intercooler masih dibiarkan standarnya. Sebagai tahap akhir, ECU juga diprogram ulang menggunakan software EcuTek.

Subaru Impreza WRX STI

Subaru Impreza WRX STI

Subaru Impreza WRX STI

Selanjutnya karena ingin berpenampilan standar, velg juga masih memakai bawaannya yang berukuran 18 inci beserta bannya dan perangkat rem-nya. Untuk memantapkan pengendalian, suspensinya menggunakan coilover dari HKS. “Masih cukup kok velg bawaannya. Gue juga nanya ke orang-orang kalau velg ini aslinya BBS, jadi udah enteng lah,” tutur pria berambut gondrong ini.

Subaru Impreza WRX STI

Subaru Impreza WRX STI

Subaru Impreza WRX STI

Masih sama seperti eksterior, bagian kabin mobilnya juga dibiarkan standar. Menurutnya, interior bawaan sudah lebih dari cukup karena dibekali jok Recaro yang khusus untuk Subaru Impreza WRX STI, serta beraksen hitam secara keseluruhan untuk mempertegas kesan sporty.

Subaru Impreza WRX STI

Subaru Impreza WRX STI

Modifikasi pada mesin yang dilakukan Oka sudah diuji di mesin dyno. Hasilnya, tenaga pastinya meningkat cukup signifikan. Sebut saja angka 252 WHP tertera di layar operator saat melakukan sesi dyno. “Itu boost pressure-nya ditingkatkan menjadi 1,4 bar,” katanya.

Subaru Impreza WRX STI

Baru-baru ini, Subaru Impreza WRX STI-nya diajak ke arena drag race Sentul. “Gue ikutnya kelas 14 detik, tapi di race day-nya tembus jadi 13,4 detik. Ya kecebur deh hehehe,” jujurnya. “Yang pasti akan ada upgrade lagi sampai internal mesin. Kalau tampilan nanti dulu, yang penting mesin dulu,” tutup pria yang bermukim di Cibubur-Jakarta Timur ini. Oke deh, ditunggu hasil modifikasi selanjutnya ya bro…

Spec : HKS Exhaust System, HKS Intake System, HKS Blow Off Valve, HKS Hypermax IV SP, Fujitsubo Muffler, Cusco Oil Catch Tank, Remapping by EcuTek.

Teks/foto : daniel

KOMENTAR