Modifikasi Nissan Grand Livina SQ : Baru Muncul, Raih Dua Juara

Modifikasi Nissan Grand Livina SQ : Baru Muncul, Raih Dua Juara

Jakarta, Bosmobil.com – Melihat sistem audio pada mobil Nissan Grand Livina memang simpel, namun siapa sangka mobil ini baru turun perdana kontes mampu meraih juara satu di dua kelas SQ pro 60 dan pro 150 pada perhelatan perdana National Car Audiophile Competition yang berlangsung di kota Bandung pada 12 April 2015.

Perlakuan tangan dingin Maslim dalam meramu sistem didalamnya membuat hasil suara yang mumpuni.”tantangannya yaitu kondisi ruangan mobil yang tidak beraturan, sehingga saya siasati dengan peredaman optimal serta pemasangan speaker yang tepat.”, buka Maslim.”detilnya, penggunaan peredam saya sematkan di beberapa sektor dengan jumlah yang beragam seperti atap, pintu hingga lantai.”, tambahnya.

Sementara, untuk hasil suara yang dikejar wajib lengkap, mulai dari ranah frekuensi rendah hingga frekuensi tinggi dengan kinerja yang proporsional.”yups, saya kejar suara yang lengkap mulai dari frekuensi 20 Hz hingga 20 kHz, tentu ada beberapa penekanan khusus, seperti midbass dan sub bass yang memang jadi masalah di kebanyakan mobil.”, imbuh Maslim.

Kombinasi Dengan DSP

Beralih urusan sentralitas suara dengan menyematkan Clarion DRZ9255 disanding dengan prosessor eksternal Vox Prosix.”karena stok di toko hanya ada itu head unitnya jadi saya pakai hehe. Sedangkan peran penting sebenarnya adalah di prosessor eksternal sebagai kunci parameter pengaturan crossover, time alignment dan level.”, tutur Maslim.

Tentukan Arah Speaker

Proses instalasi selanjutnya menyematkan speaker 3 way dengan membuat dudukan custom, namun pembuatannya simpel aja, yang penting suara bisa terpapar dengan benar.”custom pilar A tidak ada yang istimewa kok, kami hanya menentukan arah dan volume boks untuk tweeter dan midrange, serta posisi tweeter diatur agar time align dengan midrange.”, ujar Maslim.

Nah, penempatan midbass dibuat kick panel, hal ini punya alasan khusus.” Dengan membuat kick panel volume boks bisa sesuai yang dibutuhkan midbass, jadi kinerjanya bisa optimal.”, tambahnya.

Pilih Sealed Boks

Lalu, untuk kinerja sektor frekuensi rendah dibenamkan satu unit subwoofer yang dibalut dengan jenis boks sealed. Hal ini diyakini dapat menghadirkan suara rendah yang tepat.” Saya pilih jenis boks sealed karena lebih terkontrol responnya.”, tukas Maslim.

Benamkan Dua Unit Power Empat Channel

Untuk sektor suplay tenaga, installer menyematkan dua unit power empat channel Vox LE.”saya gunakan dua power amplifier dengan type yang sama untuk menjamin keseragaman suara dan lebih dinamis dengan headroom tinggi.”, jelas Maslim.

Tapi, dukungan power amplifier disematkan satu unit Volt Commander 200 amper.”hal ini untuk menjamin stabilitas dan level tegangan listrik ke power amplifier.”, tutupnya.

Spesifikasi : head unit: Clarion DRZ9255, prosessor eksternal: Vox Prosix, speaker :Audiofrog GB 10 (tweeter), Audiofrog GB25(midrange), Audiofrog GB60 (midbass), subwoofer: Audiofrog GB10D4, power amplifier: Vox LE (2 pcs),peredam: Vox, Aki Amaron. Powered by Basis Audio, Jakarta

KOMENTAR