Modifikasi Hyundai Getz ??? Monster SQL Bersuara Merdu

Modifikasi Hyundai Getz  ??? Monster SQL Bersuara Merdu

Jakarta, BosMobil.com – Jangan takut dengan mobil ini, meskipun tampilannya ekstrim, namun mobil “monster” racikan workshop Asigen asal Bali ini memiliki suara yang merdu plus kencang. Hal ini dibuktikan dengan beberapa trophy, bahkan sempat menduduki peringkat 2 pada kontes SQL di EMMA Asia Final tahun lalu.

“Untuk konsep yang saya buat memang pengen heboh dan tidak biasa, makanya dengan mobil mungil ini saya jejalin perangkat audio yang lumayan benyak,” ucap pria yang akrab disapa Nyoman Asigen, selaku owner sekaligus installer mobil ini.

images

Pakai Enam Roda

Hyundai Gezt ini lahir dengan 4 buah roda, namun demi menopang sejumlah perangkat audio, ditambahkan menjadi 6 roda, kemudian suspensi diganti pakai kepunyaan mobil besar. Yang unik dari roda mobil ini adalah dop roda menggunakan konus subwoofer.

images

Penataan Perangkat Audio Unik

Sekian banyak speaker ditumpuk dengan apik, enam unit subwoofer berjajar di dalam kabin, 17 power dibuatkan rak, dan masih banyak lagi perangkat audio yang ditempatkan tidak semestinya, salah satunya adalah head unit.

images

Jika pada umumnya head unit diletakan pada konsul dashboar, kali ini ide Nyoman cukup “uedan” yaitu meletakan Sony XAV 741 di bumper belakang, yang dibalut dengan motorize sehingga bisa keluar masuk sendiri. Biar frekuensi sistem audio dapat selaras dan seimbang, head unit ditemani dengan processor Alpine PXA-H800 dan RUX-C800, untuk mengolah suara dengan metode digital.

images

Berlanjut kebagian speaker depan, pada sektor yang satu ini Nyoman memakai fullrange Dominations F50 dipilar dan Midbass Dominations 8A Dewa yang terbenam di doortrim.

images

Rear Speaker Terinspirasi Dari Konser

Pintu belakang dibuka maka yang keluar bukan penumpang, melaikan sekian banyak rear sepaker yang disusun dengan angle yang fleksibel, sehingga dapat disesuaikan ketika mendengar. “Inspirasi untuk membuat staging rear speaker ini didapat sesaat menonton konser dan karena banyaknya perangkat yang dipakai, jadinya disesuaikan,” tutur Nyoman.

images

Dalam susunan rear speaker ini digunakan 2 set tweeter dan 8 set midrannge. Kehebohan selanjutnya adalah pada Middbass yang menggunakan 4 unit subwoofer 12 inchi, yang kemudian diletakan pada bumper belakang.

images

Pakai 6 Unit Subwoofer

Nah, untuk mengalunkan frekuensi bass yang menakjubkan, bapak Nyoman menggunakan 6 unit subwoofer belabel Dominoations Semar yang dibenamkan dengan kuat dan rigid didalam kabin. Untuk boksnya dibuat custom dengan penggunaan beton.

images

17 Power Disusun Dalam 1 Rak

Biar kinerja pengeras suara semakin optimal, haruslah di drive dengan power amplifier. Nah, dengan banyaknya perangkat speaker otomatis asupan daya yang digunakan juga harus banyak dan seimbang, untuk itu Nyoman menggunakan 17 unit power. Diantaranya Dominations RS 4500 sebanyak 5 unit dan Dominations Buddy sebanyak 12 unit.

images

“Dari semua amplifier ini saya buatkan blok-blok untuk memudahkan pengecekan dari semua speaker, seperti saya buatkan blok untuk amplifier yang mendrive front speaker, lalu bagian tweeter, midrange dan midbass sebagai rear speaker, dan kemudian untuk subwoofer,” ungkap Nyoman.

images

images

Spesifikasi : Head unit :Sonny XAV 741, Processor Alpine PXA-H800 RUX-C800, Speaker depan: Fullrange Dominations F50 dan Midbasss Dominations 8A Dewa, Rear Speaker: Tweeter Dominations RS 6 Pro (2 set), Midrange Dominations Sadewa (8 set), Midbass Dominations RS Young Guns 12 inchi (4 unit), Subwoofer: Domintaions Semar 12 inchi (6 unit), Amplifier: Dominations RS 4500 (5 unit), Dominations Buddy 500D (12 Unit), Accu GS 6 unit, Boks Subwoofer Beton, Kabel : Dominations, PreAmp : Critical Mass (3 unit).

Teks/Foto : Riyan

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis