Modifikasi Honda City SQ : Suara Balance Dan Natural

Surabaya, Bosmobil.com – Menata sistem audio yang apik pada mobil Honda City berkonsep SQ (Sound Quality) hal yang tak mudah, apalagi perangkat pendukung yang disematkan bukan barang yang terlalu mahal, namun dengan proses instalasi yang tepat hasil suaranya malah makin asik untuk dinikmati.

“Gue hanya mengarahkan cara instalasi perkabelan, angling tweeter-mindrange dengan style gue. Intinya sih yang gue kejar adalah suara yang natural dan balance. , buka Kelvin selaku aktor dalam proses upgrade sistem pada mobil Honda City.

images

Dalam prakteknya Honda City diturunkan kontes Bosmobil MSF 2014 yang berlangsung di kota Surabaya mendapatkan persaingan yang ketat di kelas SQ Pro 50 juta dan meraih posisi 4, perolehan nilai tipis dengan kompetitor juara.”mobil ini sangat tidak disangka ketika gue tunning pakai CD EASCA, hanya dengan waktu satu jam setting, imaging dan lainnya sudah selesai, dan hasilnya cukup puas menempati posisi empat dengan perolehan nilai 236, beda 4 poin dari juara 1. , tukas Kelvin.

images

Namun, komentar juri merupakan hal mendasar untuk menata kembali sistem di Honda City agar makin maksimal hasil suaranya.”komentar pak Atok selaku juri yaitu High Frequency kurang airy dan extend, lainnya sempurna, sehingga saat ini di sektor high sudah diperbaiki. , tambah Kelvin.

Tambah Peredam Hanya Satu Lapis

Penggunaan peredam pada mobil Honda City tidak banyak, hanya pemasangan pada pintu depan mobil sebanyak 1 lapis, namun mempengaruhi suara yang terdengar khususnya di sektor sub bass maupun bass.”gue hanya tambah peredam di plat tengah pintu depan bagian kiri dan kanan, sehingga kinerja midbass bisa optimal tanpa munculnya kebocoran suara dari akustik pintu yang banyak rongga udara. , imbuh Kelvin.

images

Andalkan Kabel Optik

Sebagai sentralitas suara Honda City, kombinasi head unit Alpine IVA502E disanding dengan prosessor Alpine PXA H-701 yang terhubung dengan kabel optik. menurut gue, kabel optik jauh lebih baik dibandingkan RCA untuk signal input, serta prosessor ini sangat fleksibel dalam hal setting mulai time alignment, crossover poin dan equalizer. , ujar Kelvin.

images

Double 3 Way

Unik nih, untuk pelontar suara Honda City menggunakan 3 way sistem yang beremayam di pilar A dan di pilar C kabin mobil, hal ini agar suara terdengar seimbang disemua lini frekuensi dengan sudut penempatan yang tepat.”gue gak lakukan aneh-aneh bos, hanya custom pasif crossover yang di tata dengan tepat, alhasil suaranya bikin nyaman. , canda Kelvin.

images

images

images

Pakai Subwoofer SPL

Nekat memang, untuk urusan sektor subwoofer installer menggunakan produk spesial buat SPL, padahal mobil Honda City konsepnya adalah SQ, namun dengan penanganan yang tepat hasilnya menghantarkan gebukan bass yang solid.”gue buat boks sealed dengan isi bersih sebesar 19 liter, dan kaget juga ketika tahu subwoofer ini adalah khusus untuk SPL, hahaha. ,ucapnya.

images

images

Sematkan 3 Power Amplifier, Terapkan Star Grounding

Nah, urusan kelistrikan dan supaly tenaga Honda City menggunakan 3 unit power amplifier dengan pembagian channel bermain aktif maupun pasif. 1 unit power 2 channel untuk suplay ke tweeter dan midrange melalui pasif crossover, 1 unit power 2 channel untuk sokong midbass dengan bermain aktif, serta power monoblok untuk dongkrak subwoofer. Sedangkan untuk kabel gue pakai teori star grounding, hal ini menghilangkan suara dengung, distorsi dan cacat . Tutupnya.

images

images

Spesifikasi : head unit: Alpine IVA502E, prosessor eksternal: Alpine PXA H-701, speaker :Wolf Signature,subwoofer :Treo, power amplifier :PPI AX400 (2 pcs),Rockford Fosgate T1000.1, kabel speaker:Vermouth Serenade, kabel RCA:Vermouth Black Curse, kabel optic:Avionic,kabel DC:Vermouth, kabel HU:Vermouth Black Curse Power Cord

Powered by Ice Audioworkshop Pekan Baru dan W8W Surabaya

By 7

KOMENTAR