Modif Honda Jazz RS (GE8) : Mesin Standar Kurang Greget

Modif Honda Jazz RS (GE8) : Mesin Standar Kurang Greget

Jakarta, BosMobil.com – Mobil dengan keadaan standar sebenarnya sudah dirancang sedemikian rupa oleh insinyur dengan perhitungan yang matang. Namun bagi pecinta ngebut, tentunya aspek performa, salah satunya tenaga mesin pastinya ingin lebih. Contohnya saja Honda Jazz RS (GE8) berkelir oranye ini.

“Kurang greget dengan mesin standarnya mas, kebetulan pemiliknya seneng ngebut juga. Karena mobil ini dipakai harian untuk operasional kerja, dan untuk mengejar waktu mas,” buka Arie dari workshop AGR Jogjakarta.

Honda Jazz GE8

Mengacu pada brosur, mesin L15A7 dari Honda Jazz generasi ke-2 ini sebenarnya memiliki tenaga yang cukup besar untuk mobil sekelas hatchback. Namun pada Jazz kali ini, transmisinya adalah automatic, yang pastinya terdapat loss power. Solusinya, mesin pun dimodifikasi untuk meningkatkan tenaga.

Honda Jazz GE8

Bersama dengan kawannya, Martin Togar Sianipar dari workshop AMB Racing, mesin Honda Jazz ini dibongkar untuk dilakukan porting and polish pada cylinder head-nya berikut 3-angle valve job. Kompresi yang sebenarnya sudah tinggi, kembali ditingkatkan dengan cara mengganti gasket.

Honda Jazz GE8

Melancarkan udara yang masuk ke dalam ruang bakar, saringannya diganti dengan model open air filter dari Hurricane. Kemudian untuk exhaust system, cukup mengganti downpipe yang di-custom dengan diameter yang lebih besar. Namun karena Jazz GE8 ini bertransmisi automatic, pipa bagian tengah tidak diganti, cukup knalpot belakang yang juga di-custom.

Honda Jazz GE8

Honda Jazz GE8

Modifikasi yang dilakukan pada mesin, tentunya harus membutuhkan penyesuaian pada komputer-nya. ECU standar Honda Jazz kali ini di-tandem-kan dengan piggyback Dastek Unichip untuk mengoptimalkan tenaga mesin, dengan 5 pilihan mapping untuk penyesuaian bahan bakar.

Honda Jazz GE8

Namun untuk kaki-kaki, Jazz ini hanya berganti velg model Enkei PF01. “Suspensi standar, karena pemiliknya anti ceper mas. Sering dipakai luar kota, pasti ada saja jalanan yang tidak mulus,” ungkap Arie. Sama halnya juga interior, yang dilapisi kulit serta penambahan sistem audio untuk kenyamanan.

Honda Jazz GE8

Honda Jazz GE8

Secara kebetulan berada di Jakarta, bersama AMB Racing, Arie menuntun Honda Jazz ini untuk diukur tenaganya di mesin dyno. Tenaga yang tercetak adalah 139,5 HP, meningkat cukup signifikan dari kondisi standar yaitu 112,6 HP. Torsi yang tadinya sekitar 130 Nm, kini menjadi 165,6 Nm.

Honda Jazz GE8

“Sekarang mesin lebih responsif, jauh dengan standarnya mas,” jelas Arie secara singkat. Namun namanya manusia tidak ada puasnya. “Ada rencana Jazz ini mau dipasangi turbo,” tutupnya.

Honda Jazz GE8

Spec : Porting & Polish Cylinder Head With 3-Angle Valve Job, MLS Head Gasket, Custom Downpipe, Custom Stainless Steel Muffler, Hurricane Open Air Filter, NGK Iridium Spark Plugs, Dastek Unichip Q4 Piggyback, Dastek Unichip I-Driver, Dastek Map Select Switch, Enkei PF01 15”.

Tuned by : AGR, Jogjakarta | AMB Racing, Jakarta

Teks/foto : 9

KOMENTAR