Mitsubishi Lancer (CK4) : Street Performance Minded

Mitsubishi Lancer (CK4) : Street Performance Minded

Seiring berjalannya waktu, Antonius Yoas dari YAG Autotechnik yang tadinya memakai Honda City lengkap dengan turbo, membulatkan tekadnya untuk melanjutkan ke ke Mitsubishi Lancer Evolution. Selain memang setelah puas dengan mubil sebelumnya, pria yang akrab disapa Yoas ini sejak kecil sudah mengenal Mitsubishi Lancer Evolution melalui game simulator.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

“Evo memang impian gua dari SD, kan sering main di playstation hehehe,” ungkap Yoas. Semua setuju jika Mitsubishi Lancer Evolution, entah generasi berapa pun, performanya manstabb. Mesin turbo, all-wheel drive, maupun tampilannya membuat mobil ini dicintai pemuja kecepatan. Namun harus menerima nasib karena di Indonesia sangat jarang populasinya.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Jalan keluarnya adalah mencari Lancer lokal yang dikonversi menjadi Evolution. Secara kebetulan ada yang menawarkan Yoas berupa Mitsubishi Lancer yang sudah dikonversi ke Lancer Evolution IV. “Awalnya mau main standar aja bang, tapi begitu dibongkar ternyata cukup banyak PR-nya. Jadinya sekalian di-upgrade aja. Intinya mobil bisa kenceng, tapi tetap bisa dibawa harian juga,” jelasnya.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Yup, hal tersebut memang sudah tradisi. Mesin 4G63 di Lancer-nya tetap diandalkan, namun oleh Awan dari YAG Autotechnik, internalnya diperkuat agar siap menerima boost pressure yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, kapasitas mesin ditingkatkan ke 2.200 cc, hingga memakai camshaft yang durasinya lebih cihuy.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Turbo bawaan Mitsubishi Lancer Evolution IV juga telah dipensiunkan, gantinya adalah Garrett GTX3576. Ukuran yang lebih besar memaksa harus meng-custom turbo manifold yang akhirnya memilih desain ram horn. Tentunya pemilihan ini memiliki segudang alasan, salah satunya untuk spooling dari turbo yang lebih baik.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Bagian lainnya menyesuaikan, sebut saja intake manifold maupun throttle body yang lebih besar. Kemudian karena Yoas sudah berencana masih memakai harian, YAG Autotechnik memilih langkah untuk menambahkan fuel injector ketimbang mengganti bawaan yang lebih besar. Sementara ECU bawaan Lancer Evolution masih digunakan, yang ditambah piggyback Dastek Unichip.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Saat melakukan sesi dyno test, Mitsubishi Lancer ini menghasilkan tenaga 460 HP. Angka tersebut didapat dengan memakai bengsin RON95, dan boost pressure dari turbo 1,3 bar. Tenaga dikirim ke roda, yang uniknya masih menggunakan velg bawaan Lancer Evolution IV, namun bannya diganti dengan profil lebih lebar untuk traksi yang lebih baik.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Sementara ditujukan untuk nyaman dipakai jalan-jalan, seluruh interior yang sudah diganti menjadi Lancer Evolution IV masih terpasang semua. Saat kami mencoba menumpang di mobilnya, bisa dikatakan masih nyaman, apalagi ditambah tetap berfungsinya pendingin udara.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Di ajang 2017 Sentul Drag Race seri 1 pada awal bulan Maret lalu, Mitsubishi Lancer ini melakukan debut perdana untuk menguji performanya. Best time yang diraih adalah 12,2 detik saat race day. “Melebihi ekspektasi, gua kira sekitar 13 detik, karena pas QTT waktunya gak jelas. Nyebur deh,” ungkapnya.

Mitsubishi Lancer Turbo YAG Autotechnik

Di kesempatan terpisah, Awan juga menjelaskan 12,2 detik didapat dengan kondisi belum sempurna, yang dikatakan ignition system-nya masih kondisi standar. “Targetnya bisa masuk ke FFA tapi tetap bisa dibawa harian bang. Sekarang masih tahap riset, dan masih ada penyempurnaan lagi,” tutupnya.

Yoas’ Mitsubishi Lancer :
4G63 2.2L Stroker Kit Engine, Port-Polished Cylinder Head w/ 3-angle Valve Job, CP Pistons, Manley Connecting Rods, ACL Race Bearings, Ferrea Valves, Supertech Valve Springs & Retainers, Tomei Street Spec Camshaft, Tomei Cam-gears, GSC HLA, ACL Oil Pump, ARP Head & Cam Studs, Garrett GTX3576 Billet T4 Turbo, Custom Ram Horn Turbo Manifold, Tial 45 mm Wastegate, Custom Turbo Piping, Custom Aluminium Intake Manifold, ARP Manifold Studs, 1.000 cc FIC Extra Fuel Injectors, HD External Fuel Pumps, AEM Fuel Pressure Regulator, Custom Surge Tank, Dastek Unichip Type Q Piggyback, Gates Timing Belt, Gates Fan Belt, ATI Damper Pulley, Clutch Masters Twin Plate Clutch, OEM Evo RS Axle, Cusco Limited Slip Differential, Pfitzner Performance Gearbox Diff Tube, APEX’I N1 Type Pro Suspension, Toyo R1R Tires, OEM Lancer Evolution IV Wheels, OEM Lancer Evolution IV Body Parts, OEM Lancer Evolution IV Interior Parts, HKS Boost Gauge, Ralliart Shift Knob.

Tuned by : YAG Autotechnik, Jl. Bambu Kuring Raya No. 203, Sepanjang Jaya, Rawa Lumbu, Bekasi ( 0878-8896-4565 / 0812-8685-8822 )

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis