Mitsubishi Delica – The Cozy MPV

Mitsubishi Delica – The Cozy MPV

BosMobil – Lahir sebagai sebuah Sport Utility MPV, Mitsubishi Delica seakan membawa warna baru di pasar Indoneisa. Delica diklaim sebagai sebuah MPV dengan tingkat kenyamanan yang sangat baik serta memiliki kemampuan jelajah layaknya sebuah SUV. Karena ini kali pertama Autorevo menjajalnya sejak di luncurkan 2014 lalu, maka kesempatan ini menjadi celah menguji singkat kemampuannya sekaligus membahas tampilan luar dalamnya.

Kehadiran Delica memang mencuri peta pertarungan di kancah big MPV yang sudah ada, namun bila dilihat secara visual tampilannya terkesan minimalis dan kaku, berbeda dengan rivalnya yang menjual konsep desain mewah serta stylish. Namun jangan salah, konsep yang diusung Mitsubishi pada Delica semata-mata untuk mempertahankan jati dirinya sebagai sebuah Sport Utility MPV. Ground clearance setinggi 190 mm yang merupakan tertinggi di kelasnya, serta karaktern ban yang tebal juga mendukung sisi sporty dibalik body yang mengkotak hingga bagian belakang.

images

Cozy Room

Dari dimensi luar sudah bisa terbayang kelapangan yang dimiliki mobil seharga Rp 409 juta ini. Mulai dari baris pertama yang lagi-lagi mengusung konsep minimalis dengan desain dashboard yang cukup konvensional, tapi berkat aksen piano black dibeberapa detailnya kesan mewah pun mulai terpancar apalgi ia mengusung konsep two tone color. Secara keseluruhan baris pertama kami nilai masih cukup baik, karena selain nyaman pandangan ketika berkendara juga dijamin luas berkat visual yang lapang.

images

Center pada konsul tengah memberikan kenyamanan tersendiri untuk pengadara karena cukup mudah untuk diraih, jok yang nyaman ala captain seat dengan senderan tangan menandakan kesan sebuah MPV yang siap memberikan kenyamanan. Apalagi kemudi yang dibalut letaher juga sudah dilengkapi tombol fungsi untuk mengaktivkan fitur cruise control, hanya saja minus pada audio control yang membuat penumpang maupun pengendara sedikit berupaya ketika ingin mengutak-atik audio layar sentuh 6.95" yang juga berfungsi sebagai navigasi.

images

Akses yang mudah untuk penumpang berkat dua pintu geser electric sampai storage atau ruang penyimpanan yang banyak mewakili fungsinya sabagi sebuah MPV keluarga yang mengedepankan kenyamanan untuk para penumpangnya. Tak sampai disitu, tingkat kenyamanan berlanjut di baris ke dua yang sama-sama mengusung konsep captain seat sehingga memiliki tingkat kelapangan yang sanggup memanjakan para penumpangnya, bahkan ketika diajak berpergian jauh sekalipun.

images

Begitu juga di baris ke tiga, tingkat kenyamanannya dibuat secara maksimal yang menjamin penumpangnya tetap enjoy meski berada diurutan belakang. Hadirnya fitur sliding di baris ke dua dan ketika membuat Delica memiliki tingkat fleksibelitas yang tinggi, ketika membutuhkan ruang yang lebih lapang tinggal atur sendiri sesuai kebutuhan sehingga ruang leg room bisa bertambah luas. Dan ketika membutuhkan ruang lapang untuk membawa barang, tinggal lipat kursi baris ke tiga. Jangan khawatir mengenai masalah kesejukan, selain mengadopsi AC climate Delica juga sudah dilengkapi dengan triple blower hingga baris belakang.

images

images

Bicara soal keselamatan, ia pun cukup lengkap di kelasnya. Selian memiliki rangka dan sasis Rib Bone Frame & RISE body Delica juga sudah dilengkapi Duaal Airbag + Knee Airbag, ABS, EBD dan BA, sampai fitur-fitur penunjang keselamatan lainnya saat berkendara.

images

Sensasi SUV

images

Giliran mengajaknya berjalan, kali ini rute bukan hanya di jalur Ibu Kota saja tapi sedikit bermain sampai keluar kota. Tak mau berlebihan, tenaga diputaran bawah memang sedikit berat ketika awal kami menginjak gas, begitu mulai berjalan posisi berkendara mulai terasa nyaman dengan jarak pandang yang luas serta bagian kaki yang lapang.

imagesKetika menelusuri jalur Ibu Kota, jujur saja mengendarai Delica sedikit kaku bukan karena gaya berkendara melainkan karena faktor dimensinya, tentu hal ini relatif hanya tergantung masalah kebiasaan saja. Langsung masuk ke jalur Tol luar kota, situasi yang lumayan lenggang menjelang sore kami manfaatkan untuk mengeber mesin MIVEC berkapasitas 2.000 cc yang dilengkapi dengan transmisi CVT INVECS-III 6 percepatan.

Salah satu kelebihan mesin ini adanya fitur auto stop n go, yang yang dapat menonaktifkan mesin secara otomatis saat pedal rem diinjak dan kendaraan berhenti. Efeknya tentu saja berujung pada tingkat konsumsi bahan bakar yang bisa ditekan lebih maksimal.

images

Ketika pedal gas dinjak habis (kick down) tenganya cukup keluar tapi sedikit dibarengi dengan derungan suara mesin. Kalau untuk bicara responsif memang kurang tapi bila anda mainkan tuas paddle shit yang berada di belakang kemudi sensasi berkendaranya pun akan lebih agresif. Di putaran atas, tenaganya masih terbilang memiliki napas panjang, sayang ketika berhadapan dengan jalan berkelok gejala limbung mulai terasa yang merupakan efek lumrah dari mobil-mobil berground clearance tinggi.

images

Puas dengan jalan raya, waktunya membuktikan sisi lainnya sebagai MPV rasa SUV. Kami sengaja masuk kesebuah perkebunan karet, ketangguhanya sudah mulai terasa saat kami memasuki jalan beraspal yang sudah rusak, layaknya jalur gravel Delica masih bisa dipacu tanpa kesusahan bahkan kemudi pun masih bisa dikendalikan berkat adanya fitur Active Stability Control.

images

Disisi lain memang suspensinya tidak sebaik dengan para rivalnya ketika melibas di jalur biasa, tapi begitu melewati medan off-road ringan Delica justru terasa lebih lembut ketimbang kompetitornya tadi. Overall, Delica cukup memberikan kesan yang berbeda dari MPV lain di kelasnya, kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan di dua alam bisa menjadi point keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki kompetitor sekelasnya.

KOMENTAR