Mazda MX-5 (NC) : Cita-Cita Yang Tercapai

Mazda MX-5 (NC) : Cita-Cita Yang Tercapai

BMW Seri 3 (E30) merupakan mobil pertama Andri yang dibelinya dengan ‘kantong’ sendiri. Namun dibalik semua itu, rupanya kawan kita yang satu ini bercita-cita punya mobil Mazda MX-5 sejak menggeluti dunia otomotif.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Dan cita-citanya pun tercapai melalui Mazda MX-5 generasi ke-3 ini. “Karena dulu mau mobil RWD, dan dulu BMW E30 tergolong murah. Tapi kalau ngomongin cita-cita, dari dulu maunya Mazda MX-5 bang,” kata Andri. Betul, Mazda MX-5 yang kalau di beberapa negara disebut sebagai Miata atau Eunos Roadster merupakan mobil sport yang cukup unik.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Unik karena meskipun termasuk mobil sport, dimensi yang dimiliknya cukup kecil, hanya dapat menampung 2 orang saja, dan desainnya eskteriornya. Untuk masalah modifikasi, Andri pun tidak mau muluk-muluk pada Mazda MX-5 NC-nya. “Yang proper dan enak dilihat. Wajib daily use, dan tidak menghilangkan purpose-nya sebagai mobil,” ujarnya.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Berbicara eksterior, Andri menyematkan beberapa aksesoris untuk membuat Mazda MX-5 tidak pasaran. Sebut saja lips berbahan karbon di bagian depan, yang mana motif karbon membuat tampilan mobil lebih sporty. Selain itu, Andri juga menyematkan decal Mazda Miata Club Edition di sisi samping.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Bagi sebagian orang, modifikasi tanpa ganti velg ibarat kaum hawa tidak menggunakan ituhh. Dalam hal ini, jiwa ‘racing’ Andri masih melekat di dalam dirinya. Hal tersebut terlihat dari pemilihan velg untuk Mazda MX-5 miliknya yang dipilih dari Volk Rays berdiameter 18 inci. Pengurangan ground clearance ditunjang dari pergantian suspensi jenis coilover.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Berbicara interior, Andri tidak mau melakukan ubahan yang ekstrim. Interior tetap dipertahankan standar pabrikan. Hanya saja shift knob diganti, serta head unit untuk menunjang sistem hiburan yang menemani saat berkendara dengan Mazda MX-5 milik pria yang tergabung dalam Miata Roadster Club Indonesia ini.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Mesin 2.0L 4 silinder naturally aspirated bawaan Mazda MX-5 memiliki output yang cukup menjanjikan, yaitu sekitar 160 HP dan 170 Nm. Namun agar lebih optimal, Andri melakukan sejumlah ubahan, salah satunya exhaust system.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Selain ubahan-ubahan pada mesin, Andri juga masih melakukan pengoptimalan pada bagian ECU mesin maupun transmisi dengan dilakukan remapping. “Supaya meningkatkan tenaga dan torsi. Kalau ECU pada transmisi untuk meningkatkan redline, tadinya 7.000 RPM jadi 7.500 RPM, dan juga shift time lebih cepat,” tutur Andri.

Mazda MX-5 Indonesia 2018

Ubahan-ubahan mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki maupun mesin pada Mazda MX-5 ini diakui Andri masih belum tahap final. “Banyak yang akan diubah. Masih jauh dari kata ‘selesai’ hahaha,” tutup Andri.

Spec :
Carbon Front Lips, Mazda Miata CLub Edition Decals, Top Mazda Miata Side Marker, Stubby Antenna, Volk Rays 18x(7.5+8)” Wheels, Achilles ATR 215/40 Tires, ISC Coilover Suspension, Duranuts Rays Lug Nuts, K&N Air Filter, AutoExe Air Filter Box, ADR Header & Mid-pipe, Kakimoto Class KR Muffler, Crawford Eco Block.

KOMENTAR