ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic

Mazda 2 (DJ) : The Second Project

Mazda 2 (DJ) : The Second Project

Mazda 2 DJ Series yang satu ini sempat kami liput tahun lalu. Irwin Satria selaku pemilik pada saat itu memfokuskan Mazda 2-nya pada bagian sonsistim dan mengukir prestasi di beragam kontes audio dengan membawa pulang piala.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

Bukan lantaran saat ini Irwin melepas sound system-nya, namun fokus modifikasinya beralih ke bagian lain. Betul, tampilan Mazda 2 berkelir merahnya tidak lagi, dengan mengedepankan sisi sporty melalui karbon.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

“Dari awal demen mobil yang pakai karbon, lihat-lihat di sosial media kok kayaknya seru tuh,” buka Irwin. Tidak bisa dipungkiri kalau karbon akan membuat tampilan mobil lebih sporty, dan bukan rahasia lagi jika mobil-mobil high performance sudah banyak menggunakannya.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

“Suka tampilan sporty, dulu pernah ganti body kit, tapi karena terlalu pendek, dan jalanan di rumah jelek, jadi saya lepas saja,” tambah Irwin. Diawali dari eksterior, yang mana Mazda 2-nya menggunakan kap mesin karbon berikut spionnya. “Kap mesin dicetak ulang custom pakai karbon,” jelasnya.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

Suasana karbon tidak hanya di eskterior saja. Irwin yang merupakan seksi acara di komunitas M2Skyactiv Indonesia ini juga mengganti beberapa bagian di interior dengan bahan karbon. Hal tersebut jelas terlihat di lingkar kemudinya.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

“Tanya-tanya ke toko temen, ternyata dia jual setir Mazda 2 yang sudah pakai karbon. Tombol-tombol di setir tetap berfungsi,” katanya. Kemudian beberapa panel interior hingga shift knob pada mobil yang diluar negeri bernama Mazda Demio ini juga diganti karbon. “Pikir-pikir lagi oke banget kalau panel interior dibikin karbon,” jujur Irwin.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

Velg adalah salah satu syarat untuk meningkatkan penampilan. Makanya Irwin juga mengganti velg bawaan untuk mendukung tampilan sporty Mazda 2-nya. Velg yang dipilihnya kali ini adalah SSR Type C yang berdimensi 16×7 inci.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

“Kebetulan ada yang jual, PCD-nya sama, jadi langsung beli. Soalnya velg begini susah, kebanyakan PCD-nya beda, dan warna begini susah. Diameter tetap 16 inci, bantingannya gak keras, karena Mazda 2 ini masih saya pakai harian,” bilang Irwin. Kemudian pergantian per ke Eibach agar ground clearance bisa berkurang.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

Well, kami tunggu proyek selanjutnya bos…

Mazda 2 Pertama Yang Bisa Siarkan TV

Sebenarnya Mazda 2 sudah dibekali layar, namun tidak bisa menyiarkan TV. Nah, mobilnya Irwin ini boleh diklaim Mazda 2 pertama di Indonesia yang bisa menyiarkan TV. “Tanya-tanya ke toko aksesoris maupun forum selama ini gak ada yang tau,” ungkapnya. Ganti head unit pun rasanya bukan jawaban yang tepat, karena head unit bawaan sudah terintegrasi dengan sistem mobil.

Mazda 2 DJ Series Skyactiv Indonesia

Lalu bagaimana caranya bos? “Ternyata harus dipasang video interface, ada yang jual dari Rusia. Kira-kira sebulan barangnya datang. Abis itu langsung saya ke toko untuk pasang sekalian TV tuner, dan sekarang sudah bisa nonton siaran TV,” tegasnya.

Irwin’s Mazda 2 :
Custom Carbon Fiber Hood, Custom Carbon Fiber Side Mirrors, Custom Carbon Fiber Interior Panels, Custom Carbon Fiber Shift Knob, Carbon Fiber Steering Wheel, SSR Type C 16×7” ET42 Wheels, Eibach Pro Kit Lowering Springs, Custom Video Interface & Controller, Asuka TV Tuner.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis