M. Fadli : Dari Motor Ke Sepeda, Kini Balap Mobil ETCC

M. Fadli : Dari Motor Ke Sepeda, Kini Balap Mobil ETCC

Muhammad Fadli Imammuddin (M. Fadli) bukan nama asing di dunia balap motor. Setelah insiden pada tahun 2015 lalu, Fadli tidak putus asa dan beralih ke balap sepeda, hingga akhirnya meraih medali emas di Asian Para Games 2018 lalu. Dan sekarang, Fadli terjun ke balap mobil pada ajang ETCC 2000 di ISSOM 2018 seri 6 lalu (3-4 November 2018, Sirkuit Sentul).

Pria 34 tahun tersebut pun secara tidak sengaja ditawari balap mobil oleh Ferry dari tim Gazpoll Racing. “Jadi pak Ferry kan juga sebagai panitia Asian Para Games 2018, setelah itu dia mengajak saya untuk mencoba latihan mengitari sirkuit menggunakan mobil,” buka Fadli yang menggunakan mobil balap BMW E36.

Melihat potensi yang dimilikinya, akhirnya Ferry menawarkan Fadli untuk mengikuti balap touring di seri 6 lalu. “Ya sudah saya terima, langsung bikin KIS (Kartu Ijin Start) dan ikut balap. Selain itu juga disambut baik oleh pihak Sirkuit Sentul, saya jadi senang karena banyak yang mendukung,” jujur Fadli.

Fadli pun juga mengatakan jika tidak ada kepikiran untuk mengikuti balap mobil. “Sama saja seperti balap sepeda, tapi karena ada kesempatan, jadi saya harus memulainya. Dan di Asian Para Games 2018 Alhamdulilah berhasil meraih medali emas,” katanya.

Meskipun sudah kenal karakter sirkuit saat balap motor sebelumnya, namun tentunya akan berbeda jika menggunakan mobil. “Betul. Tapi disini adaptasinya lumayan juga, apalagi untuk kopling, karena kaki kiri saya menggunakan kaki palsu, dan selama ini saya menggunakan mobil metik. Tapi gak lama sih adaptasinya, dan juga tidak terasa sakit. Jadi enjoy aja,” ucap Fadli.

Perdana turun di balap ETCC 2000, Fadli langsung menunjukan skill-nya dengan berhasil juara 1 di kelas Novice. Catatan waktu lap-nya juga sudah menjanjikan, yaitu sekitar 1 menit 54 detik. Selain itu, Fadli juga mengikuti balap STC dan berhasil naik podium.

Apakah akan kembali ikut balap mobil? “Mungkin ke depannya mau terus di ETCC, tapi ada kemungkinan mau coba di kelas lain yang pakai mobil city car, pilihannya antara Honda Jazz dan Honda Brio,” tutup Fadli.

KOMENTAR