ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic
AutoPro

Kumpulan Liputan Mobil Modifikasi-Unik 2016 Bosmobil

Kumpulan Liputan Mobil Modifikasi-Unik 2016 Bosmobil

Berbeda dengan artikel sebelumnya, karena kali ini diluar sektor car audio. Di sini kami membahas mobil-mobil modifikasi yang telah kami liput selama tahun 2016 ini yang unik menurut kami, dari mobil maupun modifikasinya itu sendiri. Isitilah kerennya sih throw-bekkkkkkkk……

Pertama adalah Nissan Cefiro (<- KLIK UNTUK LIHAT ARTIKELNYA) milik Mimo. Unik karena mobil yang menggunakan mesin RB25DET ini digunakan untuk balap drifting maupun touring. Selain itu, Nissan Cefiro ini dulunya juga dipakai sehari-hari untuk kuliah dan lainnya.

Kemudian Honda Civic Type R. Unik karena jumlah mobil Civic FD2R di Indonesia tergolong langka. Bagi yang punya uang banyak, belum tentu bisa membelinya. Mobil milik Christiansen Triadi ini juga sudah mengalami sejumlah modifikasi di sektor penampilan maupun performanya.

Suzuki Swift milik Ivan Dalitan memang sekilas tampilannya standar. Dibalik keluguan eksteriornya, Swift dengan velg Enkei RP01 ini rupanya dibenamkan mesin turbo yang tenaganya cukup besar, yaitu 381 WHP. Betul, ambisinya ingin menjadi Swift yang tercepat di Indonesia.

Berikutnya adalah Audi TT generasi pertama, tapi uniknya mobil ini adalah versi ‘quattro’-nya yang di Indonesia sangat jarang sekali. Mobil milik Samuel ini pun telah di-upgrade pada eksterior, kaki-kaki, dan lainnya.

MINI Cooper Mk VI milik Wahyu Cimoh ini di Indonesia juga tergolong cukup langka. Alasan membangun mobil ini lantaran ingin punya mobil city car jaman dulu. Keseluruhannya tampil apik, ditambah mesinnya pakai 4E-FTE dari Starlet GT Turbo, karena pemiliknya juga pecinta kecepatan.

Biasanya pemilik Mitsubishi Lancer langsung mengkonversi dengan menggunakan mesin 4G63T lengkap dengan all-wheel drive-nya. Tidak demikian bagi Ivan pada Lancer GTi-nya, yang justru mempertahankan mesin 4G93, yang kemudian ditambah turbo. Tenaganya pun cukup menjanjikan, 313 WHP.

Yup, mobil ini pemiliknya sama seperti Nissan Cefiro sebelumnya, Mimo. Nissan Silvia S15 tergolong langka di Indonesia karena memang tidak dipasarkan. Mobil ini rencana awalnya untuk menggantikan Nissan Cefiro-nya sebagai senjatanya.

Mobil khusus drag race biasanya sudah bertampang kejam. Tapi Subaru WRX STi ini masih bertampang standar. Billy Perdana selaku pemilik memang ingin mobil ‘sleeper’. Mesin yang sudah diganti turbo-nya memiliki tenaga lebih dari 600 HP.

Mobil MPV diciptakan agar bisa menampung banyak orang, layaknya keluarga. Tapi Honda Mobilio milik Evan Limandar ini justru dipakai untuk menyalurkan hobi kecepatannya. Makanya mesinnya dicangkokan turbo, sehingga tenaga pun sudah pasti melonjak tinggi.

Sejatinya Toyota Starlet kapsul langsung dikonversi menjadi Starlet GT Turbo, beda dengan Yulfi yang justru membuat Starlet ini menjadi mobil nostalgia. Yulfi pun melewati masa-masa menggunakan karburator. Makanya mesin di Starlet ini adalah 4A-GE Silver Top namun menggunakan karburator.

Bukan JDM, melainkan EUDM (Eropa) yang diterapkan pada Toyota Corolla Great milik Masagung Nugroho ini. Alasannya cukup ‘kena’, yang mana aksesoris EUDM diakui lebih elegant.

Toyota 86 ini memang unik modifikasinya. Sebut saja bodi kit Rocket Bunny, yang mengharuskan ubahan ekstrim pada bagian eksteriornya. Kemudian velg Work Wheels Stancenation Edition yang di dunia hanya ada 100 set wew.

Honda Civic Ferio milik Umar letak uniknya adalah yang mana doi menyematkan aksesoris opsional pabrikan Mugen. You know lha, aksesoris tersebut sangat sulit didapatkan di Indonesia maupun di luar negeri. Velg merek Mugen pun dipasang untuk memperkuat tampilannya.

Hellaflush memang tidak ada matinya. Makanya Akram menerapkan aliran tersebut kepada Volkswagen Scirocco-nya tidak tanggung-tanggung. Velg Rotiform TMB dengan lebar 9,5 dan 10,5 inci, ditambah suspensi udara agar bisa merebah secara maksimal.

Toyota 86 ini letak uniknya adalah dibuat mirip dengan tampilan Toyota Sprinter Trueno melalui eksterior hitam-putihnya. Velg Work Meister yang digunakan semakin mempercantik mobil ‘Hachi-roku’ milik Qbot ini.

Volkswagen Scirocco milik Danny Aliwarga ini memang tampil nyentrik. Hellaflush memang menjadi resep utama melalui pemilihan velg maupun pemakaian air suspension. Namun warna velg merah diakui sangat cocok untuk menarik perhatian.

Jika pengguna Honda mengandalkan naturally aspirated, tapi Honda Civic Ferio ini justru ditambahkan turbo. Mesin B Series VTEC ditambah turbo jadinya Boostec. Hal ini diakui karena memiliki sederet alasan apalagi digunakan untuk drag race.

BMW Z3 juga tergolong langka unitnya di Indonesia. Selain berjenis 2-door sports car, tapi mobil Jerman ini merupakan model cabriolet-nya. Aliran stance melalui pemakaian velg agresif maupun suspensi udara dirasa sudah sangat cocok untuk mobil ini.

Honda Civic Nouva ini tadinya tampil sangat kinclong setelah direstorasi secara sempurna. Namun Iik Sudiro selaku pemilik mentransformasikannya menjadi mobil balap Super Touring. Diakui karena sering nonton balap di Sentul, sekaligus berbagai macam ‘kompor’ diterimanya.

Honda Civic Estilo biasanya pakai mesin B Series untuk performa yang lebih baik. Kali ini justru pakai mesin H Series, yang salah satu alasannya adalah kapasitas mesin yang sudah besar.

Toyota Corolla AE112 milik Yuddi Wahyono ini memiliki keunikan yang mana menyematkan aksesoris OEM dari berbagai negara. Alasannya karena agar tidak tampil monoton yang hanya itu-itu saja.

Nissan Skyline GT-R R32, mungkin tidak usah dijelaskan lagi apa keunikannya. Tapi bukan masalah langka atau tidak, pemiliknya mengaku jika dirinya ingin memiliki mobil ini karena telah mengikuti kompetisi simulator.

Apa sih uniknya dari Honda Civic merah ini? Ganti bemper Civic Type R gampang, ganti velg gampang… Bukan begitu kawan, tapi mesin 1.800 cc bawaannya dicangkokan turbo. Target awal hanya 300 HP, tapi malah tembus ke 400 HP.

Toyota Corolla DX ini menggunakan mesin legendaris dari Toyota yaitu 3S-GTE. Namun sasisnya justru menggunakan Mitsubishi Lancer Evolution berikut all-wheel drive system-nya dan transmisi. Makanya dijuluki DEVOLUTION.

Another B Series with turbocharger. Bagoes Riezki selaku pemilik Honda Civic Estilo ini sebenarnya sudah memiliki Civic Estilo lain dengan mesin naturally aspirated untuk kebutuhan drag race. Dan Civic Estilo berkelir biru ini ditujukan untuk jalan-jalan weekend.

Lexus GS300 atau Toyota Aristo ini dirombak total oleh Handi Mulya Utama di segala sektornya. Karena mobil luxury, maka velg pun juga menggunakan diameter yang berukuran besar. Tampil elegan di eksterior dan interior, audio mumpuni, ditambah mesin 2JZ-GTE, rasanya tidak ada yang kurang dari mobil ini.

Selain sangat-sangat jarang populasinya, namun mobil Nissan 200SX ini dikonversi menjadi tampilan Nissan Silvia S15, ditambah bodi kit model Rocket Bunny. Meskipun tampil klimis, tapi mobil Bimo Andotama maupun Ziko ini sebenarnya dipakai untuk balap drifting.

Honda HR-V dipakai balap drag race? Ya contohnya milik Nabil ini, yang digunakan untuk ajang Sentul Drag Race. Selain peruntukannya, tampilannya juga menarik perhatian karena ground clearance-nya berkurang drastis.

Honda Civic Estilo ‘Casper’ rasanya sudah tidak perlu dijelaskan keunikannya. Selalu jadi artis di ajang balap drag race, ataupun suatu kontes modifikasi. Mesin H22 DOHC VTEC ditambah turbo menjadi kombinasi yang cihuy bagi ‘Casper’.

Toyota Corolla II, apalagi tuh? Yup, merupakan keluarga Corolla namun versi hatchback-nya. Di Indonesia sendiri diakui kurang dari 10 unit. Yudhistira Maranata, pemilik mobil ini merestorasi secara total, karena sebelumnya berkondisi kurang layak.

Mobil milik Jason ini dikatakan spesial, karena adalah Subaru WRX STI Spec C. Tampilan sekilas mirip dengan WRX STI, tapi untuk Spec C dari pabrikannya dibuat lebih powerful meskipun mesin justru 2.000 cc, kemudian handling juga di-upgrade, hingga bobot yang lebih ringan seperti penggunaan aluminium pada kap mesin.

Honda Brio milik Apit ini merupakan Honda Brio yang mesinnya di-swap ke K Series pertama di Indonesia. Tidak hanya swap saja, tapi mesin 2.400 cc tersebut di-upgrade tidak tanggung-tanggung untuk menghasilkan tenaga 358 HP. Maka dari itu dijuluki sebagai Super Brio.

Nissan GT-R R35, sisi keunikannya karena sports car-nya tersebut, yang jika di jalan raya pasti menjadi perhatian. Apalagi mobil ini dimodifikasi secara total, utamanya eksterior dipasangi Rocket Bunny untuk menampung velg lebar 11,5 dan 14 inci wew.

Secara sekilas, BMW E36 ini seperti layaknya yang dipasarkan di Indonesia. Memang betul kenyataannya, tapi BMW 320i milik Andri ini telah dikonversi ke BMW M3 dari eksterior, interior, hingga mesinnya.

Honda Civic Estilo ini berubah yang tadinya bermesin turbo menjadi naturally aspirated. Tapi tidak sekedar balik ke habitatnya, karena mesinnya adalah H Series yang jarang digunakan oleh pecinta Honda di Indonesia. Alasan Echin selaku pemiliknya lantaran mesin H Series sudah berkapasitas besar.

Liburan dulu ya bos….

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis