ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic
AutoPro

Honda HR-V 1.5L (RU1) : Be A Trendsetter

Honda HR-V 1.5L (RU1) : Be A Trendsetter

Adalah hal yang sangat unik jika pengguna Honda HR-V memodifikasinya dengan gaya racing atau beraksi di ajang balap seperti drag race. Lantaran sang insinyur pabrikan Jepang tersebut sudah mendesainnya sebagai mobil crossover SUV, tentunya kurang cocok untuk hal-hal tersebut.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Ahmad Nabil pun memiliki alasan yang kuat kenapa Honda HR-V 1.5L-nya bergaya racing maupun dipakai drag race juga. Padahal, pemuda yang bermukim di daerah Jakarta Timur ini sebelumnya berkecimpung di dunia modifikasi stance dan audio.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

“Tapi lama kelamaan makin banyak orang yang main stance. Gue juga sering ikut temen kalau lagi turun drag race, ya bantu-bantu seperti tim hore lah. Nah dari situ, dan kebetulan kayaknya sih belum ada Honda HR-V dibikin begini, dan pengen juga jadi trendsetter,” jelas pria yang akrab disapa Nabil ini.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Kami pun manggut-manggut saja, karena pertama kali melihat Honda HR-V berkelir hitam ini di ajang drag race bulan September lalu, yang mana berkesan racing terlihat dari ban yang digunakannya. Kemudian melihatnya lagi saat salah satu ajang kontes modifikasi di Jakarta Barat.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Alasan lain Nabil adalah karena dirinya ingin lebih mudah saat menggunakan Honda HR-V miliknya kemanapun doi mau. “Pengen aja bikin mobil yang enak dilihat, dan enak dipakai. Kemana saja pokoknya happy lah,” tutur Nabil.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Honda HR-V ini merupakan versi dengan mesin 1.5L dengan tenaga kisaran 120 HP. Agar performanya meningkat, Nabil melakukan segelintir ubahan utamanya. Namun mesin 1.500 cc-nya tersebut belum dikorek kepala silindernya. “Supaya bertahap, jadi mesin dibiarkan dulu,” ungkapnya.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Exhaust system pun mulai dari downpipe hingga muffler telah diganti dengan ukuran yang lebih besar dari ORD Exhaust. Pernafasan mesin dibuat lega berkat saringan udara berjenis replacement. Sementara itu, mesin Honda HR-V ini juga dioptimalkan melalui piggyback dari Dastek Unichip. Tenaga mesin pun meningkat menjadi 140 HP.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Karena untuk drag race dan juga memperkuat gaya racing-nya, Nabil menetapkan pilihan velg kepada Volk Rays TE37. “Karena menurut gue, velg ini ga bakal salah kalau dipakai ke mobil apa saja, termasuk Honda HR-V,” jelasnya.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Velg made in Japan tersebut juga tidak berdiameter yang besar, alias sama seperti bawaan Honda HR-V. “Paling beda di lebarnya mas. Awalnya pakai Enkei RPF1 diameter 18 inci. Tapi karena mau dipakai drag race, makanya ganti ke diameter 17 inci. Dan juga velg ini ringan juga,” kata Nabil.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Bagian interior sepenuhnya masih terpasang layaknya Honda HR-V standar, serta pendingin udara maupun audio system yang tetap berfungsi baik. Namun supaya 1 tema, dashboard mobil ber-platform RU1 tersebut ditambahkan sejumlah indikator dari Defi.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Perdana mengikuti Sentul Drag Race seri 4 lalu, Honda HR-V yang dipacu oleh Nabil ini sanggup mencetak waktu terbaik 17,3 detik. Wow nanggung nich… “Iya mas ikut di kelas 17,5 detik tapi juara 2 dan waktunya 17,525 detik,” jelasnya.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

“Kemungkinan akan di-porting polish supaya gue tau bedanya, tapi masih dipikirkan. Dan juga gue pasang karbon supaya bobotnya bisa berkurang sama perkuat tampilan racing-nya. Kap mesin sudah ada tapi belum dipasang,” tutupnya.

Honda HR-V 1.5L RU1 Nabil

Nabil’s Honda HR-V :
Volk Rays TE37 17x(7.5+8.5) ET40 Wheels, Custom Suspension, Undercontrol Under Brace, ORD Exhaust Front Pipe, ORD Exhaust Down Pipe, ORD Exhaust Resonator, ORD Exhaust Muffler, K&N Replacement Air Filter, Dastek Unichip Q4 Piggyback, OEM Honda Red Emblem.

Tuned by : Double S Engineering.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis