ROCKFORD FOSGATE
Reverb Acoustic

Honda CR-V (RM3) : Demo And Competition Cars

Honda CR-V (RM3) : Demo And Competition Cars

Demo dalam artikel ini bukan unjuk rasa menuntut sesuatu, contohnya menurunkan harga BBM, kenaikan gaji, dan lainnya. Jadi mobil Honda CR-V milik Aswin ini dibuat untuk menunjukan hasil ubahan audio system dari workshop miliknya, Musical Autosound.

Honda CR-V Musical Autosound

Meskipun dibuat fokus ke sound quality (SQ), mobil demo di Honda CR-V RM3 ditunjukan dengan adanya 2 subwoofer dikemas dengan kosmetik ciamik. “Kalau ada customer yang mau dengar contoh SQL (sound quality loud), mobil ini juga bisa, tapi di dalam kabin ya,” jelas Riki Hermanto dari tim Vox.

Honda CR-V Musical Autosound

Selain itu, Honda CR-V generasi ke-4 ini juga diikutisertakan dalam kompetisi car audio. Selain juara 2 di EMMA Indonesia Final 2016 kelas 5K, mobil ini juga menggondol piala juara 2 dalam ajang internasional bertajuk EMMA Indonesia Thailand Challenge 2016 di kelas 5K juga.

Honda CR-V Musical Autosound

Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja head unit bawaan Honda CR-V dilengserkan diganti dengan yang lebih baik. Kemudian pengeras suara yang dipilih adalah speaker 3 way, yang mana tweeter dan midrange diposisikan di pillar A dengan sudut khusus untuk menghasilkan panggung yang rapih. “Pintu untuk midbass kami buat rigid,” kata Riki.

Honda CR-V Musical Autosound

Ehhh bentar, tidak sekedar speaker 3 way, karena tweeter-nya menggunakan model AMT (air motion transformer). “Kalau jenis lain jika cuaca berubah, suaranya juga rentan berubah. Kalau AMT ini lebih aman, dan juga suaranya lebih detail,” kata Riki lagi.

Honda CR-V Musical Autosound

Kemudian seperti yang disebutkan di awal, Honda CR-V berkelir hitam ini mengandalkan 2 subwoofer 10 inci sebagai penghasil nada frekuensi rendah. “Meskipun subwoofer-nya 2 biji, tapi tidak berlebihan untuk sound quality. Yang pasti gebukan 2 subwoofer akan beda dengan 1 subwoofer saja,” jujur Riki.

Honda CR-V Musical Autosound

Uniknya, meskipun speaker 3 way maupun 2 subwoofer, Honda CR-V ini hanya mengandalkan 2 unit power 4 channel. “Jadi 6 channel untuk speaker, sisa 2 channel di-bridge untuk subwoofer. Dan power ini dayanya cukup besar, makanya cukup untuk speaker dan subwoofer,” ucapnya.

Honda CR-V Musical Autosound

Processor tetap diandalkan untuk mengatur equalizer, time alignment, maupun frekuensi suara. Meskipun demikian, Honda CR-V ini juga ditambahkan perangkat passive crossover. “Itu untuk warna suara,” bilang Riki. Kemudian kelistrikan juga didukung dengan perangkat stabilizer. “Karena mobil standar voltase naik turun. Nah ini bisa diatur, dan kami setel di 14 volt,” bilangnya lagi.

Honda CR-V Musical Autosound

Sudah mengoleksi piala juara 2 yang salah satunya di ajang internasional, namun Riki mengaku belum puas. “Terima kasih kepada Maslim Januanto yang sudah membantu kami. Tapi masih penasaran mau juara 1, karena hanya beda 1 point. Mungkin akan kami akan melakukan fine tuning lagi agar hasilnya lebih baik,” tutup Riki.

Honda CR-V Musical Autosound

Spec :
Vox AMT3 Speaker, Vox Research VS10.4 Subwoofers (2 pcs), Vox LE 150×4 Power Amplifiers (2 pcs), Vox Pro Eight DSP, Vox Volt Commander Voltage Step Up Stabilizers (2 pcs), Vox Research 15 AWG Speaker Cable, Vox Research RCA Cable, Diofona Aluminium Sound-damper, Clarion HX-D3 Head Unit.

Installed by : Musical Autosound, MGK Kemayoran, Jakarta.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis