Honda Civic VTi (ES1) : Simple-Good Looking

Honda Civic VTi (ES1) : Simple-Good Looking

Jaman sudah berubah, yang melewati fase sekitar tahun 2000 awal tentunya mengetahui jika saat itu mobil-mobil modifikasi banyak tampil ekstrim. Di jaman now, sebagian besar justru menerapkan modifikasi sederhana namun sedap dipandang mata, salah satunya Honda Civic VTi ini.

Honda Civic VTi ES Indonesia

Sekilas hanya pergantian velg dan dibuat stance, nyatanya beberapa komponen eksterior mobil yang bekennya disebut Civic ES ini sudah mengalami sejumlah ubahan. “Sebenarnya mau coba ke tampilan Civic Hybrid ES9, tapi sementara stance dulu. Yang penting good looking,” ungkap Shandy Darmawan.

Honda Civic VTi ES Indonesia

Paling kentara pada bemper bagian depan Honda Civic generasi ke-7 ini ditambahkan front lip diambil dari Honda Civic RX yang dipasarkan di Thailand. Pemasangan dipastikan mudah karena masih dari generasi yang sama dengan Civic VTi dimarihh.

Honda Civic VTi ES Indonesia

Seketika dengan tambahan front lip tampilan menjadi lebih oke. Masih dari eksterior, untuk di bagian buritan Civic ES1 ini, tampilan diperindah dengan adanya ducktail tipis yang merupakan bawaan Honda Civic Hybrid ES9 berikut dan stoplamp.

Honda Civic VTi ES Indonesia

Pindah ke bagian kaki-kaki, yang mempercayakan Work Meister S1 berdiameter 18 inci dengan lebar belang, yaitu depan 8,5 inci dan belakang 9,5 inci. Pemasangan velg juga ditambahkan spacer 1 cm agar memperkuat kesan stance.

Honda Civic VTi ES Indonesia

“Sebelumnya pake velg standar, dan kebetulan velg ini nganggur, jadi dipasang saja kesini,” katanya. Velg tersebut dibalut ban yang berprofil ‘narik’ yaitu 215/35 agar tidak bergesekan dengan fender. Setup berlanjut dengan mengurangi ketinggian mobil melalui suspensi coilover dari ISC.

Honda Civic VTi ES Indonesia

“Untuk depan, sudut camber-nya dibuat miring melalui setting-an di pillow ball dari suspensi. Tapi kalau belakang, sudah otomatis miring sendiri. (Pendek) begini sudah paling cocok, kalau misalnya dibuat lebih tinggi malah jadi kayak traktor mas,” ungkap Shandy.

Honda Civic VTi ES Indonesia

Betul, mobil ‘ceper’ memang membuat tampilan mobil semakin oke. Meskipun demikian, Shandy tetap terlihat enjoy mengemudikan Honda Civic VTi-nya untuk mobilitas sehari-hari. “Capek juga sih mas bawa kondisi pendek gini haha,” jujurnya.

Honda Civic VTi ES Indonesia

Masih ke target awal, Shandy ingin merubah tampilan eksteriornya menjadi Honda Civic Hybrid ES9. “Barang-barangnya masih on the way mas, targetnya tahun ini harus jadi. Untuk velg mungkin akan turun ke 17 inci,” tutupnya.

Honda Civic VTi ES Indonesia

Spec : OEM Civic RX Front Lip, OEM Civic Hybrid ES9 Ducktail, OEM Civic Hybrid ES9 Stoplamp, OEM Civic Hybrid ES9 Instrument Cluster, Spoon Sports Muffler, Work Meister S1 18x(8,5+9,5)” Wheels, 215/35 Tires, ISC Coilover Susupension, Function 7 Lower Arm.

KOMENTAR