Honda Civic Type R (FN2R) : The Sequel Project

Honda Civic Type R (FN2R) : The Sequel Project

Sebelumnya kami pernah meliput Honda Civic Type R generasi pertama dengan kondisi klimis. Stefen Teo selaku pemiliknya saat itu mengatakan jika proyek sudah berakhir, dan dilanjutkan kepada Honda Civic Type R generasi 3 yang kami liput ini.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Biasanya Honda Civic Type R generasi 3 identik dengan mobil sedan ber-platform FD2R, namun kali ini beda karena bodinya hatchback. Sedikit impormasi, Civic Type R ini merupakan versi Eropa ber-platform FN2R, yang mana 1 generasi dengan FD2R. “Ketemu di ‘semak belukar’, karena jarang dipakai, dan kebetulan FN2R, akhirnya saya ambil,” buka Stefen.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Kebanyakan Civic Type R FN2R ini dipasarkan di benua Eropa, namun di Asia hanya sedikit, seperti Singapura, Malaysia, dan lainnya, termasuk di Jepang sendiri yang dinamakan Honda Civic Type R Euro. “Ingin koleksi setiap model Type R. Nah kalau ini masuk ke Indonesia melalui importir umum, dan mobil ini dari Inggris,” lanjut pria ramah ini.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Stefen menjelaskan saat dibeli, Civic Type R FN2R ini kondisinya masih bagus. Makanya tidak dilakukan ritual restorasi yang banyak seperti EK9 sebelumnya. “Saya hanya modifikasi sedikit-sedikit saja agar enak dilihat dan tetap nyaman dipakai untuk harian,” jujur pemilik workshop Steve Garage di Pekanbaru ini.

Honda Civic Type R FN2R Euro

In the name of Mugen, yaitu tuner dari Honda sendiri, berupa grill, air funnel, hingga rear wing. “Wing standar Honda Civic Type R ini aneh hahaha,” kata Stefen. Sama juga velg-nya yang diganti ke Volk Rays CE28N putih kombinasi merah di bibir velgnya. “Standarnya velg warna silver, untuk tongkrongan kurang banget. Diameter sama 18 inci, tapi lebarnya 8,5 inci,” jelas Stefen.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Seperti model Type R lainnya, Honda Civic Type R versi Eropa ini juga memiliki interior yang berkesan sporty terlihat dari jok standar yang model-nya semi bucket, dengan warna merah pada jok, floor mat hingga doortrim yang dikombinasikan warna hitam.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Disini, Stefen tetap mempertahankan kondisi kabin ‘merah’ Honda Civic Type R-nya. Modifikasi ringan tetap berlanjut pada bagian ini, yang mana Stefen mengganti shift knob bawaan dengan merek yang sama pada eksteriornya yaitu Mugen.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Honda Civic Type R FN2R Euro

Buka kap mesin, langsung disajikan mesin yang sebagian besar sama seperti versi sedannya, yaitu K Series 2.000 cc i-VTEC. Meskipun Stefen berhobi drag race, namun pada Civic Type R ini tidak di-upgrade secara ekstrim.

Honda Civic Type R FN2R Euro

“Untuk drag race sudah ada mobil yang lain, jadi yang ini (Civic Type R) hanya sedikit saja ubahannya. Cukup ganti exhaust system, kopling, sama pakai Hondata. Tenaga diukur 203 HP on wheel, kalau on engine jadi 258 HP,” bilangnya.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Ketika kami tanya tentang rencana kedepan Honda Civic Type R Eropa ini, Stefen mengatakan stop dulu. “Sebenarnya masih banyak part dari Mugen untuk mobil ini, terutama di eksterior. Tapi harganya kurang rasional hahaha. Jadi mau lanjut ke mobil lain dulu,” tutup Stefen.

Honda Civic Type R FN2R Euro

Spec :
Mugen Front Grill, Mugen Air Funnel, Mugen Rear Wing, Mugen Shiftknob, Volk Rays CE28N Time Attack Honda Edition 18×8.5” Rims, Achilles ATR-K Sport 235/40 Tires, Endless 6-pot Caliper Brake & Upsize Rotor, Toda Racing 4-2-1 Exhaust Manifold, Toda Racing Exhaust System, Toda Racing Tensioner, Spec Stage 3+ Single Plate Clutch, K&N Open Air Filter, Hondata FlashPro Tuning.

KOMENTAR

Musical Auto Sound
Car Audio Spesialis